Damnoen Saduak, Floating Market Terbesar Asia Tenggara | Breaktime
Berkunjung ke Damnoen Saduak, Floating Market Terbesar di Asia Tenggara
10.09.2015

Kota Bangkok memiliki berbagai destinasi wisata alternatif selain kuil dan mall-mall mewah yang merupakan pusat perbelanjaan modern. Bila B'timers ingin menikmati suasana lain di Bangkok, cobalah mampir ke Damnoen Saduak Floating Market.

Floating market atau pasar terapung Damnoen Saduak terletak sekitar 100 km barat daya Bangkok. Kawasan ini masuk wilayah provinsi Ratchaburi. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan bisa naik bis dari terminal Sai Tai Mai (Bangkok Southern Terminal) selama kurang lebih 1 jam.

Damnoen Saduak merupakan salah satu pasar terapung terbesar dan paling ramai di Asia Tenggara yang menjadi destinasi favorit wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke ibu kota Thailand ini. Konon, pasar ini sudah ada sejak masa King Rama IV pada abad ke-19.

Damnoen Saduak, Floating Market Terbesar Asia Tenggara | Breaktime
Selamat datang di Damnoen Saduak Floating Market

Tips bagi B'timers yang baru pertama kali ke lokasi ini, waktu terbaik mengunjungi Damnoen adalah pagi hari, sekitar jam 7-9. Di sini pengunjung bisa menyewa perahu motor dari pier (dermaga kecil) yang berjajar di sepanjang jalan menuju gerbang masuk Damnoen. Tarif perahu motor ini sekitar 1500-2000 baht (sekitar Rp 600-800 ribu) untuk satu jam. Pintar-pintarlah menawar, bisa jadi B'timers dapat harga 1000 baht atau di bawahnya.

Damnoen Saduak, Floating Market Terbesar Asia Tenggara | Breaktime
Penjual berbagai makanan, buah, dan suvenir di Damnoen Saduak

Kalau ingin lebih hemat lagi, B'timers bisa menyewa perahu dayung dengan harga hanya sekitar 100-150 baht. Perahu dayung ini tidak bisa menempuh jarak jauh seperti perahu motor, hanya di sekitar area pasar terapung saja. Tapi cukup pantas dan cocok untuk wisatawan yang hobi fotografi dan ingin mengabadikan berbagai kegiatan di area pasar terapung.

Damnoen Saduak, Floating Market Terbesar Asia Tenggara | Breaktime
Pandai-pandailah menawar barang untuk mendapat harga terendah di pasar terapung ini

Sambil naik perahu, wisatawan bisa belanja kuliner khas Thailand seperti mango sticky rice, manisan, buah-buahan segar, sate, seafood, atau softdrink dan buah kelapa muda. Kalau ingin membeli oleh-oleh, perahu akan mengantar kita ke beberapa stand sovenir di area floating market

BACA JUGA: Destinasi Gratis Di Bangkok Untuk Tujuan Liburan

Tips: 

- Damnoen Saduak buka setiap hari, tapi disarankan berkunjung ke pasar terapung ini pada akhir pekan, di mana lebih banyak penjual dan stand kuliner yang buka dibandingkan pada hari biasa.

- Bawalah uang tunai secukupnya karena lokasi ATM berjauhan dengan area di dalam pasar terapung. Hampir semua barang bisa ditawar, sehingga diperlukan sedikit kesabaran dan keberuntungan untuk bisa mendapatkan harga terendah.

- Apabila berwisata dalam grup kecil sejumlah tiga atau empat orang, menyewa taksi dari kawasan penginapan di pusat kota Bangkok bisa menjadi pilihan alternatif. Rata-rata taksi non meter mematok tarif antara 600-800 baht untuk transpotasi pulang-pergi menuju pasar terapung ini.

Share This Article