Berburu Pesona Sunrise di Punthuk Setumbu Yogyakarta
Berburu Pesona Sunrise di Punthuk Setumbu Yogyakarta
01.06.2016

Salah satu pesona wisata Yogyakarta adalah Borobudur, kendati sebenarnya terletak di Magelang. Borobudur memang menyajikan situs sejarah yang luar biasa hebat hingga pernah menjadi salah satu keajaiban dunia. Namun, pernahkah Anda menyaksikan Borobudur dari sisi yang berbeda, yang mungkin tak pernah Anda bayangkan sebelumnya?

Sunrise yang menawan

Yups, semuanya bisa Anda wujudkan di bukit Punthuk Setumbu. Siluet fajar dengan bias oranye di cakrawala akan menyihir mata Anda dan membuat Anda tiada hentinya berdecak kagum. Saat subuh, matahari muncul dari balik Gunung Merapi. Punthuk Setumbu yang terletak sekitar 4 km arah Barat Candi Borobudur dengan ketinggian 400 mdpl, membuat Anda sangat jelas menyaksikan keindahan sang surya yang baru “bangun tidur”.

Berburu Pesona Sunrise di Punthuk Setumbu Yogyakarta

Melihat Borobudur dari sisi berbeda

Tak hanya mentari pagi saja yang menampilkan pesonanya. Di bukit ini Anda akan melihat Borobudur bagai Padma yang mengambang di tengah kabut putih. Dari jauh, puncak stupa Borobudur menampakkan diri dari tebalnya kabut yang membuatnya tampak indah luar biasa.

 

Kelihatan kan, puncak stupanya?
Kelihatan kan, puncak stupanya?

Jika Anda ingin melakukan camping di bukit “surga” ini, sebaiknya Anda catat lokasinya dan alamat tepatnya B’timers. Bukit Punthuk Setumbu terletak di Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Meski demikian, orang-orang lebih sering menyebutnya sebagai bukit Punthuk Setumbu Yogyakarta.

Untuk bisa sampai di sana, Anda bisa menggunakan ojek motor yang bertolak dari Candi Borobudur. Nah, untuk tarif ojek ke Punthuk Setumbu dari Candi Borobudur adalah berkisar antara Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu pulang-pergi. Sementara itu, harga tiket untuk masuk ke Punthuk Setumbu adalah Rp 15 ribu saja, B’timers.

Selamat berlibur dan menyaksikan indahnya matahari terbit. (nap)

Share This Article