Benteng Marlborough Tujuan Bersejarah Bengkulu | Breaktime
Benteng Marlborough Tujuan Bersejarah di Bengkulu
24.08.2016

Jika membicarakan destinasi wisata penuh sejarah, Indonesia juga tak kalah, lho, B’timers. Mulai Sabang hingga Merauke, Indonesia kaya akan tujuan wisata bersejarah yang akan menunjukkan masa lalu penuh kenangan ke hadapan Anda. Di Bengkulu ada satu spot yang dijamin membuat Anda terpana karena rasa kagum yang penuh, Benteng Marlborough namanya, B’timers!

Benteng Marlborough Tujuan Bersejarah Bengkulu | Breaktime
Samudera Hindia yang bergelora di belakang benteng

Sejarah di balik kekokohan Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng peninggalan Pemerintahan Inggris yang masih berdiri dengan kokohnya di Bengkulu, B’timers. Pada 1713 hingga 1719, East India Company (EIC) membangun benteng ini di bawah pimpinan Gubernur Joseph Callet untuk benteng pertahanan Inggris. Konon, inilah benteng milik Inggris terkuat di wilayah Timur.

Didirikan di atas bukit buatan, Benteng Marlborough menghadap Kota Bengkulu dengan punggung yang menghadap ke Samudera Hindia. Benteng yang tampak kokoh ini sebenarnya dulu sempat dibakar oleh rakyat Bengkulu, lho, B’timers. Marlborough hingga masa Pemerintahan Jepang masih berfungsi sebagai benteng pertahanan. Setelah kemerdekaan Indonesia, benteng ini menjadi markas Polri.

Benteng Marlborough Tujuan Bersejarah Bengkulu | Breaktime
Meriam-meriam yang masih ada di lokasi benteng

Nikmati kekuatan masa lalu yang penuh sejarah

Di lokasi berdirinya Benteng Marlborough, wisatawan tidak hanya akan menikmati keindahan benteng yang masih kokoh berdiri, B’timers. Benteng peninggalan Pemerintahan Inggris menawarkan berbagai macam informasi sejarah. Ada dokumen-dokumen penting semasa Pemerintahan Kolonial Inggris yang bisa Anda saksikan di Benteng Marlborough.

Satu dokumen yang terbilang cukup fenomenal adalah Dokumen SFR atau Sumatera Factory Record, nih. Kabarnya dokumen tersebut merupakan salah satu dokumen rahasia yang berisi catatan pemerintahan Kolonial Inggris mengenai sumber daya yang tersimpan di Pulau Sumatera, B’timers. Tidak butuh waktu lama, kok. Dengan mobil, Benteng Marlborough hanya berjarak 1 jam dari Kota Bengkulu.

Sudah merencanakan liburan mengunjungi Benteng Marlborough yang terkenal karena kekokohannya, B’timers? (NO)

Share This Article