Destinasi untuk Nikmati Gerhana Matahari | Breaktime
Belitung, Destinasi untuk Nikmati Gerhana Matahari
15.02.2016

Gerhana Matahari Total (GMT) yang bakal terjadi pada 9 Maret mendatang merupakan peristiwa alam yang unik dan berpeluang mendatangkan wisatawan maupun peneliti ke Indonesia.
Indonesia merupakan tempat yang istimewa untuk mengamati GMT tahun ini karena Indonesia merupakan satu-satunya negara dengan daratan yang bisa menyaksikan GMT.  Jalur gerhana nantinya akan melewati perairan Samudera Pasifik.
Pemerintah melalui LAPAN telah membentuk panitia nasional GMT 2016 yang mempersiapkan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat, promosi wisata, dokumentasi dan penyiaran secara langsung GMT.
Sejumlah daerah yang akan dilewati GMT pun mulai giat mempromosikan paket wisata Gerhana Matahari, tak hanya menyasar wisatawan domestik, tetapi juga wisatawan mancanegara dan para peneliti asing yang ingin mengamati gerhana total dari Indonesia.

Destinasi untuk Nikmati Gerhana Matahari | Breaktime
Pemandangan dari atas Mercusuar Pulau Lengkuas di Belitung

Salah satu daerah yang dilewati GMT adalah Belitung. Berlokasi di provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kawasan ini menjadi tempat yang istimewa karena menurut data statisik sejak tahun 2007, kondisi tutupan awan di Belitung relatif lebih sedikit dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.
Selain mengamati GMT, wisatawan atau peneliti yang datang ke Belitung juga bisa menikmati sejumlah destinasi wisata khas Belitung, seperti Pulau Lengkuas, replika SD Laskar Pelangi, menikmati kopi Belitung di Manggar, atau kuliner mie khas Belitung.
Gerhana matahari terjadi saat bulan, bumi, dan matahari berada pada satu garis lurus sehingga bulan berada di antara bumi dan matahari. Akibat posisi ini, sebagian wilayah bumi tak bisa melihat matahari selama beberapa menit, wilayah tersebut disebut umbra atau bayangan inti. (ZA)

Share This Article

Tagging: