Batu Caves, Gua Sakral Umat Hindu di Kuala Lumpur | Breaktime
Batu Caves, Gua Sakral Umat Hindu di Kuala Lumpur
04.08.2015

Kuala Lumpur sebagai ibu kota sekaligus kota metropolitan Malaysia tak hanya menawarkan wisata belanja dan gedung-gedung modern, tetapi juga wisata alam dan budaya.

Salah satu tempat yang bisa kita kunjungi bila ingin menyaksikan festival budaya dan keunikan alam adalah Batu Caves. Lokasi ini berada sekitar 15 km dari pusat kota Kuala Lumpur. Nama "Batu Caves" berasal dari sungai yang mengalir di bukit serta nama desa di wilayah ini.

Batu Caves merupakan tempat yang sakral bagi umat Hindu Tamil di Malaysia serta menjadi gua Hindu paling populer di luar India. Tempat ini juga menjadi pusat kegiatan ritual keagamaan Thaipusam.

Sesuai namanya, bangunan utama Batu Caves adalah sebuah gua dengan kedalaman sekitar 350 meter bernama Dark Cave, kemudian ada Main Cave yang memiliki kedalaman 170 meter dan ketinggian hingga 100 meter.

Batu Caves, Gua Sakral Umat Hindu di Kuala Lumpur | Breaktime
Pemandangan Batu Caves dari depan patung Lord Murugan

Untuk masuk ke gua ini, wisatawan harus naik anak tangga yang jumlahnya mencapai 727 buah. Di pelataran gua banyak kita temui monyet serta burung merpati yang bebas berkeliaran dan berkumpul bila diberi biji-bijian atau buah-buahan oleh pengunjung.

Dari kejauhan, Batu Caves identik dengan patung berwarna emas Lord Murugan (Dewa Hindu) setinggi kurang lebih 42,7 meter. Ini merupakan patung Dewa Muruga tertinggi di dunia. Patung lainnya yang cukup terkenal di Batu Caves adalah Patung Dewa Hanoman yang terletak di samping pintu masuk Batu Caves dari arah stasiun KTM.

Batu Caves, Gua Sakral Umat Hindu di Kuala Lumpur | Breaktime
Anak tangga di dalam gua di bukit Batu Caves

Perlu tenaga ekstra bagi wisatawan yang ingin naik ke area dalam gua di atas tebing. Selain itu, wisatawan harus hati-hati dengan barang bawaan karena banyak monyet berkeliaran di dalam maupun luar gua. Selain itu wisatawan juga mesti waspada terhadap kotoran burung, monyet, dan kelelawar di dalam gua.

Batu Caves buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Meskipun Batu Caves merupakan tempat peribadatan umat Hindu, namun wisatawan yang beragama non-Hindu pun tetap diperolehkan masuk ke area gua dan di sekitar tempat ibadah di Batu Caves ini.

Batu Caves, Gua Sakral Umat Hindu di Kuala Lumpur | Breaktime
Patung Hanoman terletak di samping pintu masuk area Batu Caves

Waktu terbaik untuk mengunjungi Batu Caves adalah saat perayaan Thaipusam yang digelar setiap bulan 10 kalender Tamil, atau sekitar akhir Januari dan awal Februari di kalender Masehi. Pada festival ini, ribuan umat Hindu Tamil berkumpul di Batu Caves dengan banyak perayaan dan ritual keagamaan, termasuk atraksi menindik pipi, punggung, atau bagian tubuh lain dengan harapan mendapat berkah dari para dewa.

Dari Kuala Lumpur, cara paling praktis menuju Batu Caves bisa naik taksi dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Namun bila ingin lebih hemat, wisatawan bisa naik KTM Komuter Line dari stasiun KL Sentral dan turun di stasiun Batu Caves. Perjalanan kereta ini ditempuh kurang lebih 30 menit.

Share This Article