Bangkok Punya Wat Arun, di Phuket Ada Wat Chalong | Breaktime
Bangkok Punya Wat Arun, di Phuket Ada Wat Chalong
09.09.2015

Suka berwisata ke Thailand? Negeri Gajah Putih memiliki berbagai atraksi wisata yang menarik minat turis asing dari berbagai penjuru dunia.

Kalau ibukota Thailand, Bangkok, punya bermacam kuil favorit turis seperti Wat Arun dan Wat Pho, maka di kawasan selatan Thailand terdapat kuil terbesar di Phuket, Wat Chalong.

Kuil yang dibangun pada awal abad ke-19 ini memiliki nama asli Wat Chiyathararam, namun wisatawan lebih mengenalnya dengan nama "Wat Chalong" mengacu pada lokasi kuil yang terletak di kawasan Chalong.

Wat Chalong memiliki bangunan setinggi 60 meter yang disebut dengan "Chedi". Dinding dan atap pada bangunan ini dipenuhi dekorasi yang menggambarkan kehidupan Buddha, sebagian dari ilustrasi ini berlapis emas.

Bangkok Punya Wat Arun, di Phuket Ada Wat Chalong | Breaktime
Salah satu bangunan kuil di area Wat Chalong

Bagian dalam Wat Chalong Cheddi sendiri terdiri dari tiga lantai bangunan dan pengunjung bisa naik ke lantai puncak untuk menikmati pemandangan "bird view" di sekitar area kuil.

Tak jarang pengunjung juga akan mendengar atau dikejutkan dengan suara ledakan petasan pada tungku raksasa yang terdapat di bagian ujung bangunan utama Wat Chalong. Hal ini merupakan bagian dari ritual atau doa yang dilakukan pengunjung kuil ini.

Bangkok Punya Wat Arun, di Phuket Ada Wat Chalong | Breaktime
Suasana di luar bangunan utama Wat Chalong

Kuil Wat Chalong buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Wat Chalong juga menjadi kuil dengan jumlah pengunjung terbanyak di kawasan Phuket yang memiliki total 29 kuil Buddha.

Seperti halnya bangunan kuil-kuil Buddha lainnya di Thailand, pengunjung wajib berpakaian sopan bila mengunjungi dan masuk ke dalam area kuil Wat Chalong ini. Pengunjung juga diwajibkan melepas alas kaki saat memasuki bagian dalam atau altar peribadatan Wat Chalong.

Menuju Wat Chalong

Bangkok Punya Wat Arun, di Phuket Ada Wat Chalong | Breaktime
Wat Chalong merupakan kuil Buddha terbesar di Phuket

Wat Chalong terletak sekitar 8 km di Selatan Phuket. Wisatawan tinggal mengikuti Chao Fa West Road dari Central Festivall Phuket dan tak jauh dari lokasi tersebut lokasi kuil sudah terlihat di sebelah kiri jalan.

Lokasi Wat Chalong berdekatan dengan Big Buddha Phuket, sehingga pengunjung biasanya memasukkan dua destinasi ini pada itinerary mereka saat berkunjung ke Phuket.

Tips:

  • Kenakan pakaian yang sopan saat mengunjungi tempat ini karena Wat Chalong merupakan lokasi ibadah.
  • Pakai alas kaki yang mudah dilepas-pakai untuk mempermudah Anda masuk ke dalam lokasi tertentu di Wat Chalong.

Share This Article