Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia | Breaktime
Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia
19.10.2017

Status awas Gunung Agung baru-baru ini tak perlu menyurutkan minat B'timers untuk liburan ke Bali. Sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia, Bali memiliki banyak obyek wisata mulai dari wisata pantai, budaya, religi, dan alam. Satu lagi daya tarik Bali adalah keindahan bawah lautnya.

Setiap lokasi selam di Bali memiliki ciri khas sendiri yang membuatnya unik dan berbeda dengan spot selam di tempat lain. Ada perairan hangat dengan arus yang tenang dan cocok bagi penyelam pemula, namun ada pula spot selam dengan suhu rendah dan arus laut cukup kencang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Festival Laut Raja Ampat, Cara Menjaga Yang Tepat

Tulamben

Tulamben disebut-sebut sebagai destinasi selam terbaik di Bali dengan ciri khas shipwreck atau bangkai kapal USS Liberty. Lokasi bangkai kapal yang karam ini relatif dekat dengan bibir pantai, yakni hanya sejauh 120 meter dan dalamnya 50 meter. Perairan di Tulamben memiliki jarak pandang antara 10 sampai 30 meter. Arusnya yang tak terlalu kencang mebuat Tulamben cocok untuk diver pemula maupun tingkat tinggi.

Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia | Breaktime
Bangkai kapal sisa Perang Dunia menjadi daya tarik spot selam di Tulamben

Pulau Menjangan

Terletak di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Pulau Menjangan memiliki visibilitas tinggi dengan rata-rata mencapai 20 hingga 50 meter. Beberapa spot selam yang terkenal di Menjangan yaitu Eel Garden, Angker shipwreck, dan Pos Dua. Kura-kura karang, ikan pari manta, pipefish, snompnose pompano, dan hiu karang banyak ditemukan di perairan ini. Kondisi arus yang sedang membuat Menjangan cocok bagi penyelam pemula dan tingkat mahir.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Hidden Beach Playa del Amor di Meksiko

Nusa Lembongan dan Nusa Penida

Dua destinasi yang berada di pantai tenggara Bali ini disebut-sebut sebagai surga wisatanya Bali. Keindahan pantai, batuan karang, dan tentu saja bawah lautnya membuat Nusa Lembongan dan Nusa Penida menjadi daya tarik wisatawan. Perairan di kawasan ini bersifat lebih dingin dan memiliki arus yang kuat, sehingga hanya cocok bagi penyelam yang sudah berpengalaman. Beberapa spot selam yang terkanal antara lain Crystal Bay, Manta Point, dan Blue Corner.

Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia | Breaktime
Terumbu karang Nusa Penida salah satu yang terbaik di kawasan Bali selatan

Amuk Bay

Terletak di kawasan panai timur Bali, Amuk Bay atau Teluk Amuk memiliki hamparan pantai berpasir putih yang membentang dari Padang Bai ke Candidasa. Selain wisata pantai, Amuk Bay juga menawarkan keindahan bawah laut untuk peselam. Visibilitas di lokasi ini rata-rata 10 sampai 30 meter, memiliki arus menengah, dengan sejumlah biota laut seperti ikan kodok, ikan kalajengking, moray, stonefish dan nudibranch.

Bali: Laut Ini Jadi Surga Para Peselam Dunia | Breaktime
Taman bawah laut Pulau Menjangan di kawasan Taman Nasional Bali Barat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Hotel Berbintang Di Bali: Ada Yang Punya Laguna!

Gili Mampang, Gili Tepekong, dan Gili Biaha

Sesuai namanya, Gili Mampang dan Gili Tepekong berada di kawasan Selat Lombok dengan arus yang cukup kuat dan bersifat downdraft atau berputar-putar. Kondisi laut di lokasi ini bisa berubah dengan cepat, jadi tempat ini paling baik dieksplorasi oleh penyelam bersertifikat dan berpengalaman. Spot selam di tempat ini penuh dengan biota laut warna-warni, karang lunak, mola-mola, dan whitetip reef shark. Bagi penyelam yang memiliki sertifikat menyelam di goa, perairan Gili Biaha menawarkan banyak goa bawah laut dengan biota laut seperti hiu karang whitetip, gorgonia besar, ikan marlin biru, mola-mola, barakuda, hiu karang hitam, nudibranch, dan banyak lagi.

Nah, dengan lima area selam di atas, B'timers penggemar diving kini bisa mulai merencanakan agenda penyelaman di Pulau Dewata.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE