Awal Mei Tandakan Saatnya Kembali Mendaki Semeru | Breaktime
Awal Mei Tandakan Saatnya Kembali Mendaki Semeru
12.05.2016

Bagi B'timers penggemar wisata alam, terutama aktivitas mendaki gunung, libur panjang di awal Mei jelas jadi waktu yang tepat untuk kembali ke alam.

Bulan Mei yang identik dengan cuaca bersahabat, rendah curah hujan, dan matahari yang bersinar hangat menjadi pendukung kegiatan traveling di alam, salah satunya adalah Gunung Semeru di Jawa Timur.

Awal bulan Mei kemarin, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) kembali membuka kembali jalur pendakian ke Gunung Semeru setelah ditutup sejak awal Januari. Penutupan jalur pendakian Semeru dimaksudkan sebagai upaya konservasi dan pemulihan ekosistem di kawasan Semeru dan sekitarnya.

Penutupan pendakian Semeru rutin dilakukan Balai Besar TNBTS sejak tahun 2012. Selain bertujuan memulihkan ekosistem kawasan Semeru, durasi penutupan disesuaikan dengan kondisi cuaca dan rekomendasi PVBMG yang berkenaan dengan kondisi vulkanik Semeru. Biasanya penutupan rute pendakian berlangsung selama tiga bulan terhitung sejak Desember atau Januari.

Awal Mei Tandakan Saatnya Kembali Mendaki Semeru | Breaktime
Danau paling populer sekaligus tempat singgah pendaki menuju puncak Semeru

Berdasarkan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVBMG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral di Bandung, pendakian Semeru dibuka sepanjang rute pendakian dari Ranupani sampai Kalimati yang berjarak 14,9 kilometer atau dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Adapun jumlah pendaki dibatasi 500 orang tiap hari. Tiap wisatawan nusantara dikenakan tarif Rp 17.500 per orang pada hari kerja dan Rp 22.500 per orang pada hari libur. Sedangkan wisatawan mancanegara yang mendaftar di hari kerja dikenai tarif Rp 207.500 per orang dan harus bayar tiket Rp 307.500 per orang di hari libur. Harga tiket sudah termasuk asuransi kecelakaan.

Ketentuan tarif baru Semeru ini berlaku sejak 5 Mei 2014 dan pendaftaran bisa dilakukan paling lambat satu minggu sebelum pendakian. Semua pendaki dilarang menempuh rute lain kecuali dari Ranupani.

Awal Mei Tandakan Saatnya Kembali Mendaki Semeru | Breaktime
Pemandangan alam di sekitar lereng Semeru sangat cocok untuk pendakian di bulan Mei

Semua pendaki diminta untuk mempersiapkan diri dengan membawa surat keterangan dokter, logistik yang memadai, mematuhi jalur yang ditentukan, tidak membuat api unggun, dan membawa pulang sampah.

Nah, bagaimana B'timers, apa kemarin sudah mendaki Semeru di awal bulan? Atau masih belum sempat, namun berencana melakukan pendakian di bulan Mei ini? Prepare yourself well! (ZA)

Share This Article