Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke | Breaktime

ARTIKEL TRAVEL

Barry Kusuma

"Travel and Photography" Inspiring Photos & Video through the Lens.

Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke
26.09.2016

Makassar yang dikenal sebagai destinasi kaya kuliner, sekaligus merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Karena sebagai pusat bisnis di gerbang Indonesia timur, membuat Makassar selalu ramai dikunjungi oleh lebih banyak orang yang berbisnis.

Kalau B’timers berkesempatan mengunjungi Makassar dan ingin rehat sejenak dalam satu hari, cobalah traveling menyeberang pulau Samalona dan Kodingareng Keke yang jaraknya tidak jauh dari kota Makassar. Pulau Kodingareng Keke Sulawesi ini merupakan pulau yang masuk ke dalam wilayah Sulawesi, Apabila dihitung dengan jarak kilometer, Anda bisa menempuh perjalanan 13.6 km dari Pantai Losari, Sulawesi Selatan.

Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke | Breaktime
Air laut yang biru jernih

Untuk mengunjungi Pulau Kodingareng Keke Sulawesi bisa menggunakan kapal dari pantai Losari dan juga dari Pulau Samalona. Untuk hitungan jarak tempuhnya, Anda bisa mencapai pulau ini dalam waktu sekitar 30-an menit dari Pantai Losari, dengan rincian waktu, waktu tempuh Pantai Losari ke Pulau Samalona adalah 15 menit, sedangkan jarak tempuh dari pulau Samalona ke Kodingareng Keke ini adalah 15 menit, sehingga apabila ditotal adalah selama 30 menit saja menggunakan kapal. Tetapi tergantung cuaca juga, dengan kapal yang lebih besar jarak tempuh menjadi semakin lama.

Di Kodingareng Keke ini kita hanya akan melihat hamparan pasir putih saja di pulau ini, pemandangan indah yang ditawarkan oleh Pulau Kodingareng Keke ini luar biasa. Air lautnya yang biru, dan pasir putihnya amat memanjakan mata Anda yang berkunjung ke Pulau Kodingareng Keke ini. Ibaratnya, pulau ini adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi lautan berwarna biru yang luas dan juga indah.

Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke | Breaktime
Keindahan alami pulau

Kodingareng Keke ini dikenal juga sebagai spot untuk snorkeling, namun di sekitar area pantai ini cukup banyak coral yang sudah mati. Mungkin karena banyak dipijak atau sudah banyak orang yang datang ke sini. Kalau Anda ke sini, saya sarankan untuk membawa bekal dan membawa makanan, karena di pulau ini tidak ada warung sama sekali. Tetapi yang harus diingat, bawalah kembali sampah sampah sisa hasil makan tersebut agar tidak mengotori pulau ini.

Pulau Samalona

Pulau lainnya yang jaraknya sangat dekat dengan kota Makassar ini adalah Samalona, jadi jika Anda punya waktu seharian. Ada baiknya anda ke Pulau Kodingareng Keke terlebih dahulu, pulangnya baru mampir ke Pulau Samalona.

Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke | Breaktime
Wisatawan yang naik perahu di laut

Dari Makassar sendiri cukup mudah karena Anda bisa naik perahu motor yang sudah disediakan untuk sampai di pulau ini karena memiliki jarak tempuh sekitar 2 KM dari dermaga Makassar. Beberapa alternatif yang biasa ditawarkan dari perahu motor tersebut ada dua pilihan yaitu untuk tujuan pribadi atau tujuan penyewaan.

Dengan tujuan pribadi Anda bisa berlibur ke Pulau Samalona full tanpa adanya penumpang lain yang ikut serta namun dipatok harga sekitar Rp 500 ribu rupiah. Pada perahu penyewaan ada kemungkinan lebih murah lagi apalagi berlibur bersama rombongan yang banyak, pastinya akan semakin murah dan menyenangkan.

Asyiknya Menyeberang Pulau Kodingareng Keke | Breaktime
Asyik untuk jadi tujuan liburan

Untuk menuju pulau ini dari dermaga Makassar memang membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Dari atas perahu motor sendiri Anda sudah bisa melihat laut yang jernih dari atas perahu terlihat terumbu karang dan untuk menyewa alat snorkeling ini hanya membutuhkan uang sewa sekitar 50 ribu saja dan dapat disewa sepuasnya. Pulau Samalona yang penuh daya tarik terhadap pantainya ini memang cocok untuk Anda datangi bersama dengan pasangan atau teman Anda. (bk)

Share This Article