Festival Danau Kelimutu, Tempat Wisata Terbaik Flores | Breaktime
Agustus ke Ende, Yuk! Ada Festival Danau Kelimutu
02.08.2015

Indonesia dianugerahi deretan pegunungan yang menyimpan beragam keunikan. Dari kawasan barat di Sumatera hingga timur di Papua, tiap gunung memiliki daya tarik masing-masing sesuai lokasi dan daerahnya. 

Salah satu puncak gunung yang memiliki keindahan alam sebagai daya tarik wisatawan adalah Gunung Kelimutu di Flores, dengan keberadaan danau tiga warna di puncaknya.

Dalam bahasa Flores, ketiga danau tersebut memiliki nama dan makna masing-masing, yakni danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai atau yang bermakna danau untuk jiwa-jiwa muda-mudi yang telah meninggal, sanau Tiwu Ata Mbupuyang yang berarti danau untuk jiwa-jiwa orang tua yang telah meninggal, serta danau Tiwu Ata Polo atau danau untuk jiwa-jiwa untuk orang selalu melakukan kejahatan.

Perubahan warna Danau Kelimutu terjadi karena proses alam berupa kandungan mineral, lumut, dan batu-batuan yang berada di dalam danau serta pengaruh cahaya matahari. Salah satu danau berwarna hijau turqoise, danau lainnya berwarna merah tua, dan satu lagi berwarna hitam.

Keunikan Danau Kelimutu merupakan salah satu daya tarik utama destinasi wisata di Flores Timur dan pada tahun ini makin menggeliat dengan bakal digelarnya "Festival Danau Kelimutu".

Festival Danau Kelimutu, Tempat Wisata Terbaik Flores | Breaktime
Wisatawan menikmati keindahan Danau Kelimutu di Nusa Tenggara Timur

Festival Danau Kelimutu pertama kali digelar pada tahun 2012 sebagai sebuah festival untuk mempromosikan kecantikan tiga danau yang berada di ketinggian 1.631 di atas permukaan laut tersebut.

Untuk tahun ini, Festival Danau Kelimutu akan diselenggarakan pada tanggal 13 Agustus 2015. Festival ini juga untuk menghormati tradisi ritual Pati Ka Dua Bapu Ata Mata dari etnis Lio di Flores yang meyakini bahwa Kelimutu merupakan tempat peristirahatan terakhir jiwa setelah perjalanan hidup berakhir.

Selama prosesi Pati Ka Dua Bapu Ata Mata, dipersembahkan berbagai makanan bagi nenek moyang, Konde dan Ratu. Ritual ini juga sebagai ungkapan rasa syukur dan doa untuk berkat kesejahteraan, kesehatan, serta kehidupan yang lebih baik untuk tahun mendatang.

Wisatawan yang hadir pada peringatan Festival Danau Kelimutu juga bisa menyaksikan rangkaian upacara dan tarian tradisional, musik, pertunjukan seni khas Ende, serta pemotongan ternak kerbau untuk ribuan orang yang hadir.

Festival ini diadakan tiap tahun untuk mempromosikan danau tiga warna Kelimutu sebagai ikon wisata Ende serta meningkatkan pariwisata kreatif di wilayah Nusa Tenggara Timur.

Share This Article