Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo | Breaktime
Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo
04.04.2015

Keindahan Alam Bawah Laut Gili Kondo

Tak salah bila Lombok disebut juga sebagai Pulau Seribu Gili. Deretan pulau-pulau kecil eksotis mengelilingi wilayah Nusa Tenggara Barat ini. Salah satu pulau kecil di Lombok dengan pemandangan bawah laut yang menawan adalah Gili Kondo.

Gili Kondo berlokasi di wilayah Lombok Timur, sekitar tiga jam perjalanan dari Mataram, dilanjutkan menyeberang dengan perahu motor selama kurang lebih 25 menit. Lokasinya yang relatif jauh dari Mataram dan kawasan wisata Senggigi membuat pulau ini tak seramai Gili Trawangan, Gili Meno, atau Gili Air.

Tapi soal keindahan pantai dan bawah lautnya, Gili Kondo tak kalah mempesona dari gili-gili lain yang lebih populer di kawasan Lombok Barat dan Utara. Area pulau yang tak terlalu besar juga memungkinkan Anda untuk island hopping pulau ini dalam waktu satu hingga dua jam saja.

( Baca juga: Keliling Lombok Bermodal 5 Juta, Dare or Not? )

Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo

Periode terbaik untuk traveling ke Gili Kondo adalah pada musim panas atau pertengahan tahun. Perairan di sekitar Gili Kondo tak terlalu dalam, airnya bening, bersih, dan ombaknya tenang.

Saat air laut surut, Anda bahkan bisa menyeberang ke Pulau Gili Bidara hanya dengan berjalan kaki, tanpa perlu berenang. Gili Bidara sendiri berjarak sekitar 500 meter dari pantai timur Gili Kondo.

Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo

Perairan yang dangkal dan ombak yang relatif tenang menjadikan pantai di sekeliling Gili Kondo sebagai spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang indah. B’timers akan menjumpai gerombolan ikan jinak, terumbu karang warna-warni, penyu, dan nemo. Yang unik, di sini ada beberapa nemo hitam, sejenis ikan giru atau ikan badut dengan corak warna lebih gelap.

Untuk menikmati sunset, Anda bisa beranjak dari spot snorkeling menuju pantai di sisi barat pulau yang landai dan berpasir putih. Matahari yang bergerak tenggelam di balik pegunungan Rinjani menjadi pemandangan sore di Gili Kondo.

Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo

Ingin bermalam di pulau eksotik ini? Ada beberapa rumah kayu atau gazebo -orang Lombok menyebutnya berugaq serta terdapat camping area yang ingin mendirikan tenda. Kalau lapar, ada sebuah warung di tengah pulau yang menyediakan aneka makanan dan minuman.

Gili Kondo yang sepi dan tenang ini bikin Anda merasa seperti di pulau pribadi. Tempat yang sempurna untuk menyepi dari keramaian, menikmati keindahan pantai dan bawah laut lombok bersama sahabat atau pasangan.

How to get there

Ada Taman Bawah Laut Secantik Ini di Gili Kondo

Gili Kondo berada di Lombok Timur. Cara menuju pulau ini adalah dengan menyewa kendaraan dari Mataram dengan perjalanan sekitar tiga jam. Setiba di Pelabuhan Padak Juar, perjalanan dilanjutkan dengan penyeberangan perahu motor selama kurang lebih 25 menit.

Share This Article