Ada Sunset Secantik Ini di Sumba Timur | Breaktime
Ada Sunset Secantik Ini di Sumba Timur
19.06.2015

B'timers penggemar sunset? Kabupaten Sumba Timur yang berada di Pulau Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur, merupakan destinasi yang sempurna bagi para penikmati senja.
 
Pantai-pantai di Sumba Timur terkenal cantik dan alami, terutama saat senja karena menghadap langsung ke Laut Sawu yang memisahkan Pulau Sumba dengan Pulau Flores.
 
Dua pantai cantik di Waingapu adalah Puru Kambera dan Pantai Walakiri. Keduanya terletak di luar kota, sekitar 30 menit perjalanan melewati padang savana dan perbukitan khas alam Sumba.

Ada Sunset Secantik Ini di Sumba Timur

Puru Kambera merupakan kawasan padang savana yang berbatasan langsung dengan pantai Laut Sawu. Kita bisa melihat kawanan kuda, kerbau, sapi, dan kambing yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya, menambah kesan alami kawasan ini.
 
Pantai di Puru Kambera masih sepi pengunjung dan belum terdapat banyak fasilitas di area ini. Pagi hingga siang adalah waktu yang tepat bagi penggemar snorkeling atau sekedar berenang di pantai ini.

Ada Sunset Secantik Ini di Sumba Timur

Ketika sore, matahari perlahan tenggelam di garis horizon dengan sedikit bayangan Pulau Flores di kejauhan. Langit sore yang kemerahan, tanpa polusi suara dan cahaya, menambah sempurna suasana senja di Puru Kambera.
 
Sekitar 30 menit dari Puru Kambera, terdapat satu pantai cantik lainnya di Sumba Timur, yaitu Pantai Walakiri. Lokasinya sedikit "tersembunyi" di balik perkebunan dan perkampungan nelayan, namun pantai Walakiri juga masih sepi pengunjung dan bersih tanpa polusi dan sampah.

Ada Sunset Secantik Ini di Sumba Timur

Walakiri merupakan pantai landai dengan beberapa pasir timbul hingga beberapa puluh meter dari garis pantai. Tak heran, saat air surut, kita bisa berjalan sekitar 100 meter ke lautan tanpa khawatir tenggelam. Berhati-hatilah dengan bulu babi dan bintang laut yang banyak terdapat di pantai ini.
 
Saat terbaik menikmati Walakiri, tentu saja adalah sore hari, di mana sinar kemerahan matahari perlahan tenggelam di balik pepohonan mangrove yang menjadi ciri khas kecantikan sunset Walakiri.
 

Perjalanan Menuju Waingapu

Waingapu merupakan ibukota Kabupaten Sumba Timur, bisa ditempuh dengan penerbangan langsung dari Denpasar dan Kupang. Terdapat flight setiap hari yang melayani Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit dari bandara menuju pusat kota Waingapu, dengan beberapa pilihan penginapan mulai harga 250 ribuan.

Share This Article