Ada Afrika Kecil di Jawa, Taman Nasional Baluran | Breaktime
Ada Afrika Kecil di Jawa, Taman Nasional Baluran
03.08.2016

Bermimpi untuk mengadakan petualangan yang penuh dengan hewan liar berlarian di padang savana di Afrika, B’timers? Tak perlu jauh-jauh menyebrangi benua, karena Pulau Jawa punya destinasi unik yang dikenal dengan nama Africa van Java. Ya, kawasan pelestarian dengan ekosistem asli ini dikelola dengan sistem zonasi untuk berbagai tujuan, B’timers. Intip keindahan small Africa in Java, yuk, B’timers!

Ada Afrika Kecil di Jawa, Taman Nasional Baluran | Breaktime
Kawanan rusa berlarian riang di tengah padang rumput

Taman nasional di ujung Pulau Jawa

Berlokasi di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi, taman nasional ini mendapat namanya dari Gunung Baluran yang ada di sini, B’timers. Little Africa in Java menawarkan beberapa spot menarik untuk dikunjungi. Sebagai satu kawasan konservasi yang di dalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna, ditambah dengan ekosistem unik, Anda akan merasakan keasyikan tersendiri.

Kombinasi alam, mulai dari luasnya padang Savana Bekol, hingga lebatnya hutan hijau Evergreen Forest, sampai keindahan bawah laut di Bama. Semuanya bisa Anda dapatkan di sini, B’timers. Selain destinasi tersebut, ada juga spot lain yang bisa dikunjungi, seperti Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar hingga Candi Bang.

Ada Afrika Kecil di Jawa, Taman Nasional Baluran | Breaktime
Ada juga pantai dengan air nan biru di Baluran, lho

Kekayaan satwa di dalam taman nasional

Ada sekitar 26 jenis mamalia yang tinggal di Taman Nasional Baluran ini, B’timers. Namun yang menjadi mascot taman nasional adalah banteng. Selain mamalia, ada juga sekitar 155 jenis burung, termasuk burung langka, seperti Tuwuk Asia, Kangkareng, Burung Rangkong dan Burung Tong-tong. Ya, menikmati kehidupan hewan liar di Taman Nasional Baluran akan memberikan pengalaman tersendiri.

Di tengah hutan Evergreen Forest, Anda akan mendapatkan kesejukan dengan pemandangan indah nan menawan, B’timers. Sementara dunia bawah laut di Bama menawarkan keindahan Coral Reef dipadu airnya yang bening dan biru hangat. Satu destinasi dengan berbagai pilihan kegiatan untuk semua turis. Menarik, bukan, B’timers?

Siap mendapatkan petualangan a la alam liar di Afrika, B’timers? (NO)

Share This Article