7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu | Breaktime
7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu
14.05.2015

Kinabalu yang merupakan ibu kota Sabah merupakan salah satu destinasi wisata yang makin ramai dikunjungi wisatawan Asia dalam beberapa tahun terakhir. Suasana kota di tepi pantai yang bersih, tenang, nyaman, masyarakat yang ramah, dan biaya hidup murah menjadi daya tarik kota yang menghadap Laut China Selatan ini.

Kota pelabuhan yang dulunya bernama Jesselton ini juga memiliki banyak tourist attraction yang membuat kita betah berlama-lama di kota ini. Tak lupa, Kota Kinabalu juga bisa kita jadikan tempat transit sebelum mendaki salah satu puncak tertinggi Asia Tenggara di Gunung Kinabalu.

Berikut beberapa tempat menarik yang bisa B'timers kunjungi saat traveling ke Kota Kinabalu.

Sutera Harbour

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Karena lokasinya yang terletak di kawasan pantai, Kota Kinabalu memiliki beberapa spot pantai yang nyaman untuk dikunjungi, salah satunya Sutera Harbour. Lokasi pantai ini berada di kawasan elit Sutera Resort, namun kita bisa masuk area ini tanpa dipungut biaya. Menikmati segarnya udara pantai, kawasan yang bersih, dengan beberapa padang golf dan danau buatan membuat pantai ini cocok untuk melepas penat di siang hari.

Jesselton Point

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Pelabuhan utama sekaligus pintu masuk Kota Kinabalu dari jalur laut. Pelabuhan yang sudah ada sejak jaman kolonial Inggris ini juga menjadi starting point bagi wisatawan yang ingin menikmati pulau-pulau di utara Kota Kinabalu seperti Pulau Manukan dan Pulau Gaya. Di sekitar pelabuhan juga terdapat cafe di atas dermaga yang ramai saat sore hari. Waktu terbaik menikmati Jesselton Point adalah sore hari, suasana senja yang romantis bisa kita dapatkan dari dermaga pelabuhan ini.

Street Food Market

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Kota Kinabalu terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Tak heran, di sepanjang pantai di dekat Patung Ikan Todak berjejer gerai seafood dari sore hingga malam. Bermacam jenis ikan, cumi, udang, lobster segar dengan bumbu khas Kinabalu bisa kita dapatkan disini. Harganya pun relatif tak terlalu mahal. Juru masak dan pelayan di beberapa stand seafood banyak yang berasal dari Indonesia, terutama daerah Kendari dan Makassar, yang terkenal sebagai ahlinya pengolah seafood.

Sabah Museum

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Berlokasi di Jalan Tunku Abdul Rahman atau sekitar 25 menit dari pusat kota Kinabalu, Sabah Museum merupakan lokasi terbaik untuk mengenal etnik dan kultur Sabah yang sebagian besar masih berkaitan dengan budaya Dayak. Pada bangunan utama terdapat koleksi sejarah, artefak, keramik, serta galeri flora dan fauna. Terdapat Heritage Village dengan contoh tempat tinggal suku tradisional dan rumah bambu Kadazan. Gambaran informasi kemajuan teknologi Sabah terdapat di Sains & Education Centre. Kita juga bisa membeli souvenir di Sabah Art Gallery. Tiket masuk museum ini RM3 untuk warga Malaysia dan RM15 untuk non Malaysia.

Sunday Market Jalan Gaya

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Menunjungi Kota Kinabalu saat weekend? Jangan lupa untuk mampir di Sunday Market Jalan Gaya. Semacam "pasar kaget" yang digelar tiap Minggu pagi dari jam 6 sampai tengah hari. Dari barang kebutuhan sehari-hari warga sekitar hingga beragam street-food dan souvenir murah bisa kita dapatkan di Sunday Market. Tak jarang, terdapat pertunjukan gratis di beberapa sudut jalan. Minggu pagi di Kota Kinabalu tak lengkap tanpa singgah di Sunday Market Jalan Gaya.

Signal Hill Observatory Platform

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Signal Hill Observatory Platform adalah tempat yang tepat untuk menikmati landscape Kota Kinabalu dari ketinggian. Lokasinya bisa diakses dengan jalan kaki dari Signal Hill Trail 1 dan 2 yang berada di selatan Jalan Gaya. Kita juga bisa naik taksi dari Padang Merdeka menuju lokasi ini. Signal Hill Observatory Platform berada di tepi jalan raya, bisa dikunjungi kapan saja, tidak dipungut biaya, dan terdapat cafe untuk menikmati minuman segar khas Kinabalu.

Kinabalu Park

7 Tempat Wajib Dikunjungi di Kota Kinabalu

Bisa dibilang, ini adalah destinasi utama pelancong ke Kota Kinabalu. Ya, kawasan World Heritage Site ini merupakan "pintu masuk" menuju pendakian Gunung Kinabalu. Kawasan ini memiliki sejumlah resort, buffet resto, shelter, dan jalur pendakian ke puncak Kinabalu. Jangan lupa untuk booking terlebih dulu sebelum mendaki karena tidak semua orang yang datang ke lokasi bisa langsung melakukan pendakian. 

Kinabalu Park berjarak kurang lebih dua jam perjalanan dari Kota Kinabalu. Menuju kawasan ini bisa dengan minibus dari Padang Merdeka di Kota Kinabalu, atau naik bis umum dari terminal bis Inanam. Semua bis jurusan Sandakan akan melewati pintu masuk Kinabalu Park.

Share This Article