7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
7 Tempat Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka
31.07.2015

Suka jalan-jalan ke tempat yang memiliki banyak bangunan kuno peninggalan jaman kolonial? B'timers bisa memasukkan Malaka dalam list destinasi berikutnya.

Malaka terletak di Semenanjung Malaysia, sekitar tiga jam perjalanan darat dengan bus dari ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur. Karena keunikan dan kekayaan historisnya, Malaka masuk sebagai UNESCO World Heritage Site pada tahun 2008.

Kawasan ini kaya dengan berbagai peninggalan era kolonial Portugis, Belanda, dan Inggris. Berbagai bangunan bersejarah masih terawat dengan baik dan menjadi daya tarik wisatawan ke Malaka.

Baca Juga : MALAKA, DESTINASI EKSOTIK BERGAYA KOLONIAL DAN KLASIK

Bagi B'timers yang berencana melakukan perjalanan ke Malaka, ada beberapa tempat yang wajib didatangi di kawasan ini, berikut di antaranya.

1. Gereja Malaka

Bangunan paling terkenal sekaligus salah satu ikon wisata Malaka. Terletak di ujung Chinatown dan Jonker Walk, gereja ini dibangun pada tahun 1753 saat periode awal pendudukan Belanda. Di sekitar gereja terdapat atraksi wisata seperti becak warna-warni dan pusat souvenir.

7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
Gereja Malaka, bangunan bersejarah sekaligus simbol wisata Malaka

2. Cheng Ho's Cultural Museum

Cheng Ho's Cultural Museum adalah sebuah rumah galeri yang menampilkan sejarah perjalanan Cheng Ho melintasi Selat Malaka. Di Indonesia, Cheng Ho atau Zheng He dikenal dengan julukan "Laksamana Cheng Ho". Museum yang terletak di utara Sungai Malaka ini dibuka pada tahun 2006 dan menampilan ribuan barang-barang peninggalan Dinasti Ming yang telah berusia ratusan tahun.

7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
Jonker Street di Chinatown Malaka

3. A Famosa

Terletak di tepi Sungai Malaka, A Famosa merupakan salah satu spot foto paling terkenal di Malaka. Famosa dibangun pada tahun 1511 oleh Alfonso de Albuquerque, seorang pemimpin pasukan Portugal yang juga menginvasi wilayah Nusantara. Bangunan depan yang merupakan pintu gerbang benteng disebut dengan Porta De Santiago. Tak jauh dari A Famosa juga terdapat bangunan bersejarah lainnya, yaitu Katedral St. Paul's.

7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
Becak wisata di sekitar Gereja Malaka dan Dutch Square

4. Baba Nyonya Heritage Museum in Malacca

Julukannya cukup unik, Baba Nyonya. Tempat ini membawa kita kembali ke abad 16 ketika pedagang dan saudagar dari berbagai daerah di Asia Tenggara memasuki era keemasan. Perpaduan etnik Melayu dan Tionghoa bisa kita rasakan dengan sangat kental di museum ini, termasuk kultur "peranakan" Melayu - China.

5. Dutch Square Malacca

Lokasinya sangat mudah dijangkau, semacam alun-alun kota dan berada tepat di persimpangan utama Jonker Street, Chinatown, Melaka River, dan Gereja Melaka. Kawasan ini dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda antara tahun 1660 hingga 1700. Bangunan utama di Dutch Square yang paling terkenal adalah Tang Beng Swee Clock Tower yang hingga kini masih berdentang tiap kali pergantian jam di Malaka.

7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
Malaka River yang disebut sebagai Venesia di Asia

6. Jonker Street

Mencari kuliner lokal, suvenir, serta bangunan-bangunan bersejarah, Jonker Street tempatnya. Kawasan ini merupakan jalan utama di Chinatown Malaka dan menjadi pusat night market setiap akhir pekan. Tak jarang juga terdapat berbagai hiburan dan kesenian gratis yang dipentaskan di panggung gerbang utama Jonker Street.

7 Tempat Wisata Seru Yang Wajib Dikunjungi di Malaka | Breaktime
Menikmati street food khas Malaka di Jonker Street

7. Melaka River

Oleh pelaut Eropa, kawasan ini disebut sebagai "Venesia di Timur". Sebuah julukan yang menggambarkan suasana romantis yang bisa dirasakan wisatawan di sekitar area sungai utama di kota Malaka ini. Dilengkapi dengan fasilitas River Cruise, wisatawan juga bisa menikmati suasana sungai dari cafe, bar, dan restoran di sepanjang sungai.

Dengan beberapa pilihan spot-spot menarik di atas, B'timers kini bisa merencanakan perjalanan menikmati kota eksotis Malaka.

Share This Article