7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan | Breaktime
7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan
25.08.2017

Banyak cara untuk mengungkapkan kecintaan kita pada Indonesia. Bagi B'timers pecinta alam, salah satu cara mensyukuri nikmat Kemerdekaan Indonesia adalah mengibarkan Sang Merah Putih di puncak gunung.

Tiap tahun, sejumlah gunung di Indonesia selalu ramai oleh para pendaki yang ingin merayakan Hari Kemerdekaan di puncak gunung. Tak hanya gunung-gunung di Pulau Jawa, tetapi juga di Sumatera, Bali, dan Lombok.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tempat Kuliner Di Yogyakarta Ini Tak Lagi Manis

Berikut tujuh gunung api pilihan bagi B'timers yang ingin merayakan 17 Agustus di puncak gunung.

1. Gunung Semeru

Gunung api yang masih aktif ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa (3.676 mdpl) dan berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung ini terkenal memiliki pemandangan yang indah dan beberapa danau di jalur pendakian, yang paling terkenal adalah Ranu Kumbolo. Pengibaran bendera merah putih biasanya dilakukan di Kali Mati. Karena masih sangat aktif, para pendaki harus waspada dan memperhatikan kondisi gunung.

7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan | Breaktime
Salah satu lokasi paling terkenal di Semeru adalah Danau Ranu Kumbolo

2. Gunung Merapi

Gunung Merapi (2930 mdpl) yang terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah merupakan gunung api yang sangat aktif, terakhir meletus dahsyat pada tahun 2010. Aktivitas vulkanik Gunung Merapi tidak bisa dideteksi secara pasti. Karena itu badan Geologi setempat selalu memperingatkan para pendaki akan bahaya Merapi setiap kali pendakian, termasuk peringatan 17 Agustus.

3. Gunung Lawu

Gunung Lawu (3.265 mdpl) terletak di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung api ini sudah lama tidak meletus, terakhir kali pada tahun 1885. Gunung ini memiliki tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan puncak tertinggi Hargo Dumilah.

7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan | Breaktime
Pemandangan Gunung Merapi yang selalu mengeluarkan asap tebal
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ada Jalur Pendakian Kuno Di Gunung Penanggungan

4. Gunung Pangrango

Gunung Pangrango terletak di antara Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi dengan puncaknya yang terkenal, yaitu Puncak Mandalawangi (3.019 mdpl). Untuk aktivitas pendakian selama 17 Agustus, para pendaki harus memperhatikan kebijakan dari pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). Selain puncak gunung, di kawasan ini juga terdapat beberapa tempat menarik seperti Air Terjun Cibeureum, dan Situ Gunung Sukabumi.

5. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan dengan puncaknya setinggi 2.665 mdpl terletak di Kabupaten Garut. Gunung ini memiliki jalur pendakian yang relatif mudah dan ringan, bahkan bagi pendaki pemula. Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah seperti Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

7 Gunung Destinasi Mendaki di Hari Kemerdekaan | Breaktime
Pemandangan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani

6. Gunung Kerinci

Bergeser ke Sumatera, Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi merupakan gunung api tertinggi di Indonesia dengan puncaknya setinggi 3.805 mdpl. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan habitat alam Harimau Sumatra dan Badak Sumatra. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2009. Untuk menuju gunung ini, B'timers dari luar Pulau Sumatera bisa naik pesawat dan mendarat di Padang atau Jambi. Jalur pendakian bisa melalui Jambi, Padang, dan Lubuk Linggau.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Atasi Dinginnya Jazz Gunung Dengan 5 Hal Ini!

7. Gunung Rinjani

Kerap disebut sebagai gunung api dengan pemandangan terindah di Indonesia, Gunung Rinjani di Pulau Lombok selalu menjadi magnet wisatawan domestik dan asing untuk mencapai puncaknya (3.726 mdpl). Rinjani merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci. Pada perayaan 17 Agustus, gunung ini selalu ramai oleh para pendaki, tak hanya di puncaknya, tetapi juga di Segara Anakan dan Sembalun.

Well, itulah beberapa gunung yang sering jadi sarana upacara kemerdekaan setiap tahunnya. Mendaki di puncak gunung Indonesia memang memiliki sensasi yang luar biasa, sebagai wujud lain pengabdian kepada Nusantara. Sudah kemanakah Anda saat 17 Agustus? (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE