7 Destinasi Pilihan di Pulau Seribu | Breaktime
7 Destinasi Pilihan Untuk Akhir Pekan di Pulau Seribu
24.10.2015

Bagi warga ibukota Jakarta, Kepulauan Seribu bukanlah destinasi yang asing. Gugusan kepulauan di sisi utara pantai Jakarta ini memiliki berbagai pilihan destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Ada beberapa destinasi di Kepulauan Seribu yang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan domestik, seperti Pulau Tidung, Pulau Onrust, hingga Pulau Bidadari. Masing-masing pulau memiliki karakter dan ciri khas masing-masing.

Untuk menyeberang dari satu pulau ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam saja, tergantung jenis kapal dan kondisi gelombang laut. Warga Jakarta biasa menggunakan kapal motor dari dermaga Pelabuhan Marina Ancol, Pantai Mutiara, Muara Angke, dan Tanjung Pasir untuk menuju Kepulauan Seribu.

1. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka cukup terkenal sebagai pulau dengan keindahan laut dan pelestarian biota laut. Pulau ini juga memiliki area hutan mangrove yang terawat dengan baik. Perairan di sekitar Pulau Pramuka cukup dangkal sehingga wisatawan bisa snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang, rumput laut, dan ikan-ikan kecil warna-warni. Di pulau ini juga terdapat pusat budidaya penyu laut.

7 Destinasi Pilihan di Pulau Seribu | Breaktime
Kepulauan Seribu jadi pilihan tepat untuk akhir pekan bersama sahabat

2. Pulau Pari

Sesuai namanya, konon pulau ini berbentuk seperti ikan pari apabila dilihat dari udara. Pulau ini memiliki pemandangan yang indah dan bersih, dengan kondisi pulau yang masih alami dan penduduk yang ramah. Pulau Pari tidak seramai Pulau Pramuka, sehingga wisatawan yang senang dengan ketenangan bakal betah berlama-lama di pulau ini.

3. Pulau Semak Daun

Hobi camping atau traveling ala backpacker? Pulau Semak Daun merupakan destinasi yang coccok karena di pulau ini tidak terdapat homestay atau penginapan rumah penduduk. Jadi apabila ingin bermalam, wisatawan harus membawa atau menyewa tenda yang disediakan pihak pengelola.

7 Destinasi Pilihan di Pulau Seribu | Breaktime
Akses menuju Kepulauan Seribu sudah memiliki banyak dermaga dan sewa perahu

4. Pulau Untung Jawa

Untuk menuju pulau ini, disarankan menggunakan penyeberangan melalui Pantai Tanjung Pasir yang memiliki fasilitas memadai dan waktu tempuh hanya sekitar lebih 15 menit. Karena jaraknya yang relatif dekat, pulau ini bisa dinikmati tanpa bermalam alias one day trip. Jangan khawatir soal kapal penjemput karena tersedia sampai jam lima sore. Pulau ini cocok untuk wisata keluarga, bermain di pantai dengan beberapa fasilitas seperti water sport, banana boat, dan snorkeling.

5. Pulau Onrust

Salah satu pulau paling terkenal di antara beberapa destinasi Kepulauan Seribu. Di Pulau Onrust, wisatawan bisa belajar sejarah mulai dari masa pendudukan VOC hingga pasca kemerdekaan. Pulau ini menjadi saksi bisu sejumlah peristiwa penuh misteri di masa lalu. Di pulau ini kita juga masih bisa melihat sisa-sisa bangunan benteng, rumah sakit, dan pemakaman Belanda. Meski terkesan seram dan penuh misteri, namun Pulau Onrust memiliki pemandangan dan pantai yang cukup bersih dan alami.

7 Destinasi Pilihan di Pulau Seribu | Breaktime
Saat senja di antara Pulau Tidung Kecil dan Tidung Besar

6. Pulau Tidung

Pulau ini terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Sebagai penghubung kedua pulau ini, terdapat sebuah jembatan yang oleh wisatawan sering disebut sebagai "Jembatan Cinta". Pulau Tidung Besar sudah dihuni oleh penduduk setempat dan terdapat fasilitas lengkap mulai warung, penginapan, sekolah, hingga kantor polisi.

7. Pulau Harapan

Bagi wisatawan dengan budget terbatas, Pulau Harapan juga merupakan destinasi pilihan karena relatif terjangkau dan memiliki keindahan alam yang masih alami. Pulau ini merupakan salah satu yang terjauh dari daratan Jakarta, namun Pulau Harapan memiliki spot snorkeling yang indah dan menjadi daya tarik penggemar wisata bawah laut yang berkunjung ke Kepulauan Seribu.

7 Destinasi Pilihan di Pulau Seribu | Breaktime
Snorkeling di Pulau Pari dan Pulau Harapan

Kepulauan Seribu memang destinasi yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan tanpa biaya besar dan perjalanan panjang dari ibukota. Dalam sehari, kita bisa mengunjungi dua sampai tiga pulau. Pilih beberapa pulau yang berdekatan, seperti Onrust, Tidung, dan Pari dalam paket one day trip anda bersama keluarga. Selamat berlibur di Kepulauan Seribu.

Share This Article