7 Aktivitas Seru di Taman Nasional Baluran | Breaktime
7 Aktivitas Seru di Taman Nasional Baluran
19.03.2015

Nama Taman Nasional Baluran tentu sudah tak asing lagi bagi B'timers penggemar wisata alam dan petualangan. Taman Nasional di Jawa Timur ini memang memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya selalu ramai dikunjungi traveler penggemar adventure.

Dengan vegetasi hutan dan padang rumput yang masih alami, serta habitat hewan-hewan liar ala Afrika, tak salah memang bila Taman Nasional Baluran disebut-sebut sebagai "Africa van Java".

7 Aktivitas Seru di Taman Nasional Baluran

Berikut tujuh aktivitas yang bisa dilakukan saat B'timers berkunjung ke Taman Nasional yang terletak di Kabupaten Situbondo ini:

Hiking

Didampingi ranger dari petugas Taman Nasional Baluran, pengunjung bisa mendaki Gunung Baluran dengan ketinggian 1247 mdpl. Selain itu pengunjung juga bisa menyusuri kaldera dengan panjang sekitar 600 meter menuju sumber air Kacip yang selalu mengalir sepanjang tahun.

Tracking

B’timers bisa menjelajah menyusuri hutan melewati berbagai tipe vegetasi sambil mengamati keragaman jenis flora dan fauna di Taman Nasional Baluran. Terdapat dua jalur tracking yang berada di Savana Bekol dan Pantai Bama. Tak jauh dari Pantai Bama juga terdapat jalur tracking di hutan mangrove. Anda  bisa menyusuri hutan mangrove dari atas jembatan kayu yang memanjang hingga ke tepi pantai.

Birdwatching

Taman Nasional Baluran memiliki tingkat keragaman burung yang sangat tinggi, yaitu sekitar 180 jenis burung. Hal ini menjadikan Taman Nasional Baluran sebagai salah satu tempat terbaik bagi para pengamat burung.

Fotografi

Kondisi hutan Baluran yang masih alami, luasnya padang savana, dan kehidupan liar dengan perilaku bermacam satwa di dalamnya menjadikan Baluran sebagai tempat yang cocok bagi para penggemar fotografi, terutama fotografi landscape, satwa, dan petualangan.

Pengamatan Satwa

Terdapat dua Menara Pandang di bagian utara dan timur Savana Bekol. Dari menara ini pengunjung bisa menyaksikan panorama Bekol dan Bama. Tempat ini juga dilengkapi teropong pandang untuk mengamati berbagai satwa di sekitar Bekol. Waktu terbaik untuk melakukan aktivitas pengamatan satwa adalah pagi dan sore hari. Pada waktu-waktu tersebut bermacam satwa seperti rusa, kerbau jawa, monyet, merak, dan berbagai jenis burung berkumpul di beberapa titik mata air yang terdapat di tengah-tengah padang rumput.

Gathering

Baluran juga menyediakan fasilitas penginapan bagi mereka yang ingin bermalam atau berkumpul bersama teman dan keluarga, menikmati suasana alam liar dan padang rumput "Africa van Java". Terdapat beberapa cottage di Savana Bekol dan Pantai Bama yang bisa disewa untuk menginap dengan kapasitas antara lima sampai sepuluh orang.

Snorkeling

Pantai Bama yang terletak di sisi timur Baluran memiliki beberapa spot snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Terumbu karang di area ini masih alami dan belum banyak yang rusak. Snorkeling di Pantai Bama harus memperhatikan kondisi cuaca, ombak, dan arus laut. Anda juga bisa menyewa peralatan snorkeling di Pantai Bama.

Sudah siap berpetualang ke Taman Nasional Baluran, B'timers?

Share This Article