6 Negara Tetangga Destinasi Favorit Para TKI | Breaktime
6 Negara Tetangga Destinasi Favorit Para TKI
01.05.2017

Ketika membuat sebuah rencana perjalanan, apa hal yang paling Anda pikirkan? Tentunya adalah destinasi yang akan Anda jadikan alternatif menikmati tanggal merah. Ada banyak negara yang bisa Anda kunjungi. Beberapa negara favorit para wisatawan, ternyata juga menjadi negara favorit para TKI yang ingin mengadu nasib mereka di negeri orang. Ironis memang. Tetapi tak bisa dipungkiri jika negeri ini belum mampu memberikan ladang pekerjaan secara maksimal untuk masyarakatnya.

Tak hanya itu, mengingat hari ini merupakan Hari Buruh Internasional, bisa dibilang negara ini masih sangat jauh dalam memberikan hak-hak kaum pekerja. Kasarnya, kaum buruh dituntut dengan pekerjaan di luar batas, sedangkan upah jauh dari kata layak. Kini sejenak melupakan kepedihan kaum buruh. Breaktime akan menguak, mengapa beberapa negara ini menjadi tujuan paling banyak para TKI. Let’s check this out!

6 Negara Tetangga Destinasi Favorit Para TKI | Breaktime
Taiwan jadi salah satu negara tujuan para TKI

Baca juga : JALAN-JALAN MENYENANGKAN KE 5 NEGARA RAMAH VISA

Malaysia adalah salah satu negara tetangga Indonesia yang memang memiliki perekonomian lebih maju. Tak heran jika banyak masyarakat Indonesia yang memilih Malaysia sebagai tujuan mereka untuk bekerja. Terlebih lagi, kebudayaan, bahasa, dan gaya hidup juga sangat mirip dengan Indonesia. Bahkan sektor pekerjaan juga sama, antara lain pertanian, perkebunan, sektor industri tekstil, dan pembantu rumah tangga. Itulah alasan mengapa Malaysia menjadi tujuan para TKI.

Hong Kong pun juga tak luput dari sasaran para TKI untuk mengadu nasib. Kota yang berada di daratan China ini memang spesial. Sejak bebas dari Inggris, Hong Kong banyak mewarisi budaya Eropa. Salah satu budayanya adalah menggunakan asisten rumah tangga. Bahkan mereka berani membayar dengan upah besar untuk ART yang mereka rekrut dari luar negeri, termasuk Indonesia.

Baca juga : SEDUH KOPI, 7 WARKOP DI HANOI INI RECOMMENDED!

Selanjutnya adalah Taiwan. Alasan mengapa negara ini menjadi sangat populer di kalangan para pekerja Indonesia, khususnya asisten rumah tangga, kurang lebih memiliki alasan yang sama seperti Hong Kong. Demi meraup pundi-pundi uang, masyarakat Indonesia rela menambah devisa negara tetangga dengan bekerja di sana.

Kalau Arab Saudi rupanya sudah turun temurun sejak zaman Jahiliyah, terbiasa menjadi masyarakat yang suka menyuruh-nyuruh. Tetapi, di sisi lain Arab Saudi juga memiliki perekonomian yang sangat baik. Itulah sebabnya banyak orang Indonesia yang jauh-jauh pergi ke negeri Timur Tengah ini untuk menafkahi keluarga. Bahkan untuk hanya sekedar menjadi seorang asisten rumah tangga pun mereka rela.

Jepang pun juga menjadi negara yang bukan hanya menjadi favorit turis untuk berlibur, tapi juga menjadi favorit para pekerja Indonesia untuk berkelana melebarkan sayap atau hanya menjadi seorang ART. Uniknya Jepang juga bekerja sama dengan Indonesia untuk mengirim tenaga perawat di sana. Gaji yang besar dan fasilitas yang wah, membuat banyak orang tergiur. Tetapi harus belajar Bahasa Jepang dulu, karena mayoritas warga Jepang tak bisa berbahasa Inggris.

6 Negara Tetangga Destinasi Favorit Para TKI | Breaktime
Korea Selatan juga tak luput dari incaran para TKI

Baca juga : INGAT SUARA AKTOR DI BALIK KARAKTER ANIMASI INI?

Terakhir adalah Korea Selatan. Beberapa tahun terakhir ini Korea Selatan menjadi primadona di kalangan anak muda Indonesia, khususnya perempuan. Ada banyak hal menarik di Negeri Gingseng ini. Mulai dari hiburan hingga kuliner. Ternyata, Korea Selatang juga menjadi favorit para TKI yang ingin mengadu nasib. Bukan rahasia umum lagi, jika Korea Selatan adalah negara yang sangat maju dan kualitas perekonomian yang baik.

Melihat beberapa negara yang ternyata mampu menarik minat masyarakat Indonesia untuk bekerja, harusnya bisa menjadi cermin. Sehingga Indonesia tak perlu kehilangan banyak sumber daya manusia yang ternyata memiliki skills luar biasa. Semoga saja kaum buruh juga mendapatkan kesejahteraannya. (vpd) 



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE