5 Spot Snorkeling Seru untuk Nikmati Surga Bawah Laut Bali | Breaktime
5 Spot Snorkeling Seru untuk Nikmati Surga Bawah Laut Bali
08.05.2015

Bali bukan hanya surga bagi pecinta pantai dan surfing. Pemandangan bawah lautnya pun menyimpan sejuta pesona yang menjadikan Bali sebagai destinasi incaran penggemar snorkeling dan diving. 

Untuk diving, tentu diperlukan keahlian khusus hingga sertifikat internasional. Namun bagi Anda yang hanya ingin menikmati bawah laut dengan snorkeling, Bali memiliki banyak spot bawah laut yang menarik untuk dieksplore.

Berikut beberapa spot snorkeling menarik di Bali yang bisa dijadikan referensi B'timers saat berkunjung ke Pulau Dewata:

Amed

Pantai timur Bali terkenal dengan potensi bawah lautnya sehingga sangat cocok untuk aktivitas snorkeling dan diving, salah satunya di Amed. Lokasi ini juga terkenal dengan shipwreck sisa-sisa Perang Dunia II. Amed juga terkenal dengan soft coral-nya, terutama di kawasan Tanjung Jemeluk, Tanjung Vienna, dan pantai Bunutan. Kita bisa menuju Amed dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih tiga jam dari Denpasar, menuju arah Karangasem.

Blue Lagoon

Masih di kawasan pantai timur Bali, Blue Lagoon berlokasi tak jauh dari Pelabuhan Padang Bai, pintu keluar menuju Pulau Lombok. Spot snorkeling di Blue Lagoon terkenal dengan berbagai ikan seperti murray, morish idol, sapi-sapi, hingga hiu karang (reef shark). Blue Lagoon juga menjadi lokasi favorit penggemar fotografi bawah laut atau macro underwater.

5 Spot Snorkeling Seru untuk Nikmati Surga Bawah Laut Bali

Nusa Penida

Pulau Nusa Penida dan gugusan pulau-pulau kecil di sekitarnya seperti Lembongan dan Ceningan lokasinya berada di tenggara Bali. Kawasan ini sudah akrab di kalangan para diver, namun penggemar snorkeling pun bisa menikmati berbagai jenis terumbu karang dan ikan warna-warni seperti Napoleon dan Barracuda di sekitar pantai. Kita juga bisa snorkeling di Manta Point untuk berenang dengan ikan manta pari yang jinak. Untuk menuju Nusa Penida, kita harus menyeberang dari Sanur atau Padang Bai, dengan waktu tempuh kurang lebih 30 sampai 45 menit.

Pemuteran

Pantai ini masih jarang dieksplor karena lokasinya yang berada di kawasan Bali utara. Dari Pantai Lovina yang terkenal dengan lumba-lumbanya, perlu waktu kurang lebih satu jam menuju Pemuteran. Di lokasi ini terdapat banyak dive center maupun persewaan snorkel. Saat cuaca cerah dan ombak tak terlalu besar, kita bisa dengan mudah menemukan lion fish, anemone, lonster, dan table coral tak jauh dari area pantai Pemuteran.

5 Spot Snorkeling Seru untuk Nikmati Surga Bawah Laut Bali

Pulau Menjangan

Lokasinya di ujung barat Pulau Bali, lebih dekat dengan Banyuwangi dan Pulau Jawa. Meski relatif cukup jauh dari Kuta dan Denpasar, namun pemandangan bawah laut Pulau Menjangan disebut-sebut sebagai yang terbaik di Pulau Dewata. Anemon, table coral, lion fish, murray, clownfish, hingga penyu, lumba-lumba, dan whale shark bisa kita temukan di beberapa spot snorkeling di sekitar Pulau Menjangan. Juga terdapat spot diving dengan pemandangan tebing laut dalam (drop off) yang terkenal. Sesuai namanya, Menjangan (sejenis rusa) bisa kita temukan di pulau yang juga memiliki puluhan pura sebagai tempat ibadah umat Hindu ini.

Share This Article