5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo | Breaktime
5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo
23.02.2015

Traveling ke Jawa Timur belum lengkap tanpa menikmati dinginnya udara Pegunungan Tengger dan melihat sunrise dari penanjakan Gunung Bromo. 
 
Ya, Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl ini masuk dalam daftar Taman Nasional Terbaik di Asia Tenggara versi Huffington Post dan masih menjadi destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.
 
Selain sunrise spot di Penanjakan, berikut beberapa spot menarik lainnya yang wajib dikunjungi saat B'timers traveling ke Bromo.
 

Love Hill

 

5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo

Sering disebut sebagai "Bukit Cinta", lokasinya sekitar 5 kilometer dari penanjakan. Bukit Cinta merupakan tempat singgah yang populer bagi pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang kawah Bromo, lautan pasir, dan Gunung Semeru. Bukit Cinta juga merupakan lokasi alternatif menyaksikan sunrise bila Penanjakan telah penuh sesak, terutama ketika weekend.

 Bukit Teletubbies

 

5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo

Kumpulan dari perbukitan landai dan padang rumput yang menjadi lokasi favorit bagi traveler untuk berfoto di atas jeep. Bentuknya sepintas memang mirip tempat bermain Tinky Winky, Poo, dkk pada serial kartun "Teletubbies". Lokasi ini bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 15 menit dengan naik jeep dari area parkir Kawah Bromo.

 

Pasir Berbisik

5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo

Ingin merasakan suasana di tengah padang pasir lengkap dengan suara-suara pasir yang terbang tertiup angin kencang? Pasir berbisiklah tempatnya. Musim kemarau adalah waktu terbaik untuk datang ke lokasi ini.
 

Pura Luhur Poten

 

5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo

Pura Luhur Poten terletak di tengah lautan pasir Gunung Bromo. Pura ini menjadi tempat beribadah Suku Tengger untuk memuji Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Pura ini juga menjadi lokasi perayaan Upacara Kasada, upacara tahunan Suku Tengger yang digelar pada malam purnama bulan Kasada pada penanggalan Tengger. 
 

Kawah Bromo

 

5 Spot Keren yang Wajib Dikunjungi di Bromo

Perjuangan menapak sekitar 200 anak tangga akan terbayar saat B’timers sampai di tepian kaldera Kawah Bromo. Dari atas kaldera ini terlihat jelas pemandangan di sekitar Gunung Batok, Lautan Pasir, dan Pura Luhur Poten. Bila capek atau ingin merasakan sensasi lain, Anda bisa naik kuda dari bawah kawah hingga area parkir jeep dengan biaya sewa 75 ribu per orang sekali jalan.

 
How To Get There?


Anda bisa mencapai lima destinasi tersebut dalam sekali trip ke Bromo. Banyak tour operator yang menawarkan paket ini dengan keberangkatan dari Surabaya atau Malang. Tersedia penerbangan langsung setiap hari dari Jakarta ke Surabaya dan Malang.
 

Tips


Usahakan untuk menghindari periode akhir pekan, long weekend, atau peak season karena banyaknya pengunjung di penanjakan akan mengganggu kenyamanan menikmati sunrise Bromo. Saat musim panas, suhu Bromo sangat rendah, persiapkan jaket tebal dan masker sebelum menuju destinasi ini.

Share This Article