5 Kota Terbaik untuk Destinasi Wisata Ramadan | Breaktime
5 Kota Terbaik untuk Destinasi Wisata Ramadan
22.06.2015

Ramadan adalah bulan suci yang penuh berkah bagi kaum muslim di seluruh dunia. Disambut dengan penuh suka cita, di bulan ini dilaksanakan puasa selama sebulan penuh. Nah, meski berpuasa, kegiatan traveling tetap sah-sah saja, lho. Apalagi kalau B’timers ingin berkunjung ke kota-kota di berbagai belahan dunia yang penuh nuansa religi. Breaktime beri tips destinasi wisata untuk Ramadan kali ini!

Kairo, Mesir

Saat Ramadan tiba, kota ini menyambutnya begitu meriah, pawai di mana-mana. Di siang hari hingga waktu berbuka, suasana kota memang tenang dan sepi, namun begitu matahari tenggelam kota jadi sangat ramai. Buka puasa di sepanjang jalan, kumandang doa-doa dan pujian, malam Ramadan terasa meriah dengan padatnya penduduk yang keluar ke jalanan. Hanya di Kairo!

Istanbul, Turki

Ramadan di Turki adalah percampuran lagu, tarian dan doa. Di Istanbul sendiri, penduduk setempat menyebut malam hari “merah dan putih” karena kemeriahan acara dan doa yang campur aduk. Semua masjid buka selama sebulan penuh dan para turis bisa menikmati petunjukan darwis yang berputar-putar, doa massal dan permen Turki yang terkenal. It’s a Turkish delight!

Istanbul jadi salah satu kota destinasi wisata Ramadan paling spesial
Istanbul jadi salah satu kota destinasi wisata Ramadan paling spesial

Amman, Yordania

Tujuan wisata yang mungkin belum begitu populer ini jauh lebih seru dan menarik saat Ramadan. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sana saat bulan Ramadan karena warisan budaya yang luar biasa dan nuansa sejarahnya yang begitu kental. Saat malam hari, perayaan Ramadan juga begitu ramai dan meriah di sana. Kota yang wajib dikunjungi!

Dubai, Uni Emirat Arab

Ibukota negara kaya di Asia ini juga menyambut Ramadan dengan sangat meriah dan seru. Banyak event yang diadakan untuk mengisi acara Ramadan, salah satunya kontes menghafal Alquran. Banyak juga tersedia hiburan untuk pembeli komersial dan visitor bisnis. Bagi kaum non muslim bisa mengikuti program kelas khusus untuk belajar tentang Ramadan.

Dubai sangat indah dan memukau, apalagai saat Ramadan
Dubai sangat indah dan memukau, apalagai saat Ramadan

Fez, Moroko

Kota tujuan traveler ini makin spesial saat Ramadan. Mulai dari kegiatan pustaka belajar Islam, acara sore hari dengan menikmati sweet mint tea, hingga kegiatan membangunkan sahur dengan patrol keliling yang sangat ramai. Menu buka puasa di sana yang terkenal adalah kurma, susu, jus dan permen serta Harira, sup tomat dan kacang-kacangan yang nikmat dan sehat. It’s fun!

Nah, tidakkah B’timers tertarik mengunjungi kota-kota fantastis tersebut?

Share This Article