5 Hal Penting Sebelum ke Bromo Akhir Tahun Ini | Breaktime
5 Hal Penting Sebelum ke Bromo Akhir Tahun Ini
30.12.2015

Liburan akhir tahun merupakan salah satu hal yang paling ditunggu jelang berakhirnya bulan Desember. Salah satu destinasi yang banyak dikunjungi adalah Gunung Bromo.
Namun khusus tahun ini, Gunung Bromo mengalami peningkatan akitivitas vulkanik sehingga B'timers tidak bisa menikmati suasana Lautan Pasir, Pura dan Kawah Bromo. Pengunjung hanya bisa menyaksikan sunrise dari Penanjakan, Bukit Cinta, Bukit Kingkong, dan lokasi di sekitarnya.
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan apabila B'timers tetap memutuskan untuk menuju Bromo menjelang akhir tahun ini.

  • Bawa Masker

Lindungi pernafasan dari asap dan debu vulkanik dengan masker atau kain penutup lainnya. Meskipun tidak sampai mengakibatkan hujan abu yang cukup parah, namun aktivitas Kawah Bromo tetap berbahaya bagi pernafasan dan kesehatan.

  • Tidak Memaksakan Diri

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) telah menutup beberapa kawasan yang selama ini menjadi lokasi favorit pengunjung Bromo, seperti Lautan Pasir, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, dan Padang Savana. Tidak perlu memaksakan diri menuju lokasi tersebut selama aktivitas Bromo masih tinggi.

  • Tetap Waspada

Taati semua peraturan yang telah ditentukan oleh pengelola Taman Nasional dan pantau terus kondisi terbaru aktivitas Bromo melalui media sosial atau internet. Tanyakan langsung kebenaran informasi pada petugas TNBTS atau pengelola wisata.

  • Cek Pesanan Hotel

Apabila sudah pesan hotel atau penginapan di sekitar Bromo dan Malang, cek kembali kemungkinan pengembalian biaya akibat pembatalan booking. Hal yang sama juga berlaku untuk paket wisata yang sudah dipesan pada tour operator atau penyedia jasa perjalanan.

  • Cari Alternatif Wisata

Apabila B'timers terlanjur pesan tiket pesawat atau kereta ke Malang untuk menuju Bromo, coba alihkan ke wisata lain di sekitarnya, seperti Air Terjun Madakaripura. Malang dan Kota Batu juga memiliki banyak tempat wisata menarik bagi keluarga, seperti Jatim Park 2, Museum Angkut, Paralayang, dan Batu Night Spectacular. (za)

Share This Article