5 Fakta Mengejutkan Tentang Gunung Kelud | Breaktime
5 Fakta Mengejutkan Tentang Gunung Kelud
25.10.2016

Gunung Kelud adalah sebuah keindahan di kawasan Kediri yang kini sedang banyak diperbincangkan akibat letusannya pada tahun 2014 lalu. Akibat letusannya tersebut menyebabkan dampak abu vulkanik di beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini telah lama menjadi objek wisata alam. Banyak hal menarik yang harus Anda ketahui dari Gunung Kelud. Berikut ini fakta menarik Gunung Kelud yang menakjubkan.

1.Gunung berapi paling aktif di Indonesia

Gunung Kelud menjadi salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Gunung Kelud telah berkali-kali meletus sejak abad ke-15. Daftar letusannya adalah pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966, 1990, 2007, 2010, dan 2014.

2. Erupsi selama 45 hari

Pada tahun 1990, Gunung Kelud mengalami erupsi selama 45 hari. Begitu dahsyatnya letusan, kawah Kelud memuntahkan lahar dingin sejauh 24 km melewati sungai berhulu.

3. Ritual Larung Sesaji

Di kawasan Gunung Kelud rupanya juga memiliki ritual adat yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Diadakan setiap bulan suro di desa Sugihwaras, Ngancar, Kabupaten Kediri. Larung Sesaji ini dilakukan untuk menolak bala, bentuk rasa syukur pada Sang Hyang Widhi, dan rasa hormat pada penguasa Kelud.

5 Fakta Mengejutkan Tentang Gunung Kelud | Breaktime
Menyusuri anak tangga untuk lebih dekat dengan anak Gunung Kelud

4. Legenda Sumpah Lembu Suro

Lembu Suro merasa ditipu oleh Dewi Kilisuci dan akhirnya mengeluarkan sumpah, “Yo wong Kadiri, mbesuk bakal pethuk piwalesku sing makaping-kaping, yoiku Kadiri bakal dadi kali, Blitar dadi latar, lan Tulungagung dadi kedung!” yang artinya Ya orang Kediri besok akan tiba pembalasanku yang dahsyat, yaitu Kediri akan jadi sungai, Blitar jadi daratan, dan Tulungagung jadi danau.

5. Tempat keris Mpu Gandring terkubur

Mpu Gandring adalah pembuat keris sakti pada jaman kerajaan Singosari. Beliaulah yang membuat keris yang berhasil membunuh Ken Arok, Keboijo, Anusapati, dan dirinya sendiri. Konon, Hayam Wuruk menghancurkan aura jahat keris tersebut di kawah Kelud.

Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari Gunung Kelud yang kini telah berada di puncak popularitas para wisatawan lokal maupun mancanegara. (vpd)

Share This Article