5 Destinasi Nusantara untuk Penggemar Kopi | Breaktime
5 Destinasi Nusantara untuk B’timers Penggemar Kopi
17.06.2016

B'timers termasuk penggemar kopi sekaligus suka traveling? Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri karena Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang sempurna bagi penggemar kopi.

Sejumlah daerah di Indonesia terkenal dengan jenis kopi yang khas, termasuk perkebunan kopi yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Dua jenis kopi yang lebih dulu terkenal adalah Robusta dan Arabika, disusul oleh kopi Luwak dan jenis-jenis lainnya.

Mayoritas perkebunan kopi berada di kawasan pegunungan atau dataran tinggi, karena itu destinasi wisata penggemar kopi pun kebanyakan ada di kawasan pegunungan. Berikut lima destinasi yang cocok bagi B'timers penggemar kopi.

5 Destinasi Nusantara untuk Penggemar Kopi | Breaktime
Pantai Papuma di Jember, Jawa Timur, kawasan ini juga terkenal dengan Kopi Arang

1. Aceh

Aceh terkenal dengan Kopi Gayo yang memiliki aroma dan kenikmatan yang khas. Kopi Gayo kualitas terbaik banyak diekspor ke negara-negara Eropa, Amerika Serikat, dan Asia. Pusat Kopi Gayo di Aceh berada di Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayu Lues.

2. Jember

Kota di Jawa Timur ini mulai naik daun seiring digelanya Jember Fashion Carnival tiap tahun. Selain menikmati budaya kontemporer khas Jember, wisatawan bisa mencoba nikmatnya Kopi Arang. Proses pembuatan kopi ini dengan cara digosongkan, diseduh air panas, dan sedikit tercium aroma cabai.

5 Destinasi Nusantara untuk Penggemar Kopi | Breaktime
Rumah-rumah adat khas Toraja, destinasi adat yang juga terkenal dengan Kopi Toraja

3. Bali

Penghasil kopi di Pulau Dewata banyak terdapat di kawasan Bangli, tepatnya di daerah Kintamani yang terkenal dengan pegunungan yang sejuk. Kopi Kintamani memiliki aroma yang lembut dan manis karena diperoleh dari perkebunan yang menggunakan sistem irigasi khas Bali, yaitu Subak.

5 Destinasi Nusantara untuk Penggemar Kopi | Breaktime
Desa Adat Waerebo di Manggara, NTT, terkenal sebagai penghasil biji kopi kelas dunia

4. Toraja

Tak hanya terkenal dengan rumah adat dan upacara pemakaman yang khas, Toraja juga terkenal dengan kopi yang terdiri dari jenis Arabika dan Robusta. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang khas, yaitu perpaduan rasa tanah dan tidak meninggalkan rasa pahit di mulut.

5. Flores

Selain keindahan alamnya, siapa sangka Flores menyimpan kenikmatan kopi yang tiada dua dan telah diekspor hingga pasar Amerika. Kopi Flores terkenal dengan bijinya yang besar, warna berkilau, dan aroma cokelat yang kuat serta rasa asam yang tinggi. Kopi jenis Arabika ini bisa didapatkan di kawasan Ngada dan Waerebo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur. (ZA)

Share This Article