5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi | Breaktime
5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi
23.02.2015

Tempat Wisata Banyuwangi

Banyuwangi mulai jadi destinasi favorit traveler domestik dan mancanegara. Kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini punya destinasi yang komplet, dari pantai, puncak gunung, taman nasional, hingga kuliner dan budaya.
 
Selain destinasi populer seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah, masih ada banyak spot eksotik lainnya di Kota Gandrung ini. Berikut beberapa destinasi pilihan di Banyuwangi untuk dari Breaktime khusus untuk Anda:
 

Pantai Teluk Hijau (Teluk Ijo, atau Green Bay)

5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi

Lokasinya agak "tersembunyi" di balik beberapa tebing. Ada dua cara menuju Teluk Ijo ini, menyeberang dengan perahu nelayan dari Pantai Rajagwesi atau lewat jalur treking yang ditempuh kurang lebih 30 menit. Sesuai namanya, air laut di pantai ini benar-benar memantulkan warna hijau saat cuaca cerah. Pasir pantainya lembut, air lautnya bening, meski ombaknya lumayan besar, khas pantai selatan Jawa. (Baca juga: Ini Daftar Penginpan Di Labuan Bajo Terbaik Untuk Anda!)
 

Teluk Permisan dan Pantai Sukamade

 

5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi

Teluk Permisan ini bisa dibilang "saudara kembar" Teluk Ijo. Lokasinya sekitar 30 menit naik perahu dari Teluk Ijo. Teluk Permisan lebih sepi, lebih alami, dan relatif lebih bersih daripada Teluk Ijo karena belum banyak wisatawan yang kesini. Ada spot snorkelingnya juga. Tapi tidak setiap waktu Anda bisa ke Teluk Permisan karena ombak yang dilewati cukup besar.

Menikmati sunset dan melepas puluhan ekor tukik (bayi penyu) ke lautan lepas adalah aktivitas paling disukai traveler di Pantai Sukamade. Lokasinya berada di balik hutan lebat dan perkebunan coklat Taman Nasional Meru Betiri. Setelah melepas tukik, malam harinya B’timers bisa melihat aktivitas penyu bertelur di pinggir pantai. Di sekitar area pantai juga terdapat camping area dan beberapa penginapan yang disediakan pihak Taman Nasional. (Baca juga: Toodz House, Tempat Wisata Kuliner Jakarta Yang Wajib Anda Coba! )
 

Teluk Grajagan

5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi

Area pantai di Teluk Grajagan masih bagian dari Taman Nasional Alas Purwo dan berbatasan langsung dengan Selat Bali. Pantai Grajagan merupakan salah satu pusat nelayan Banyuwangi dan pada musim-musim tertentu Anda bisa mendapatkan berbagai macam ikan laut dengan harga relatif murah di pasar ikan pantai Grajagan. Selain di Teluk Grajagan, aktivitas pasar ikan serupa juga bisa ditemui di Pantai Rajagwesi, tak jauh dari Teluk Hijau.

 Taman Nasional Alas Purwo

5 Destinasi Alternatif di Banyuwangi

Tak cukup sehari untuk mengeksplor keseluruhan Taman Nasional yang terletak di ujung tenggara Pulau Jawa ini. Biasanya traveler menuju kawasan Sadengan yang merupakan habitat bermacam satwa seperti banteng jawa dan rusa. Taman Nasional seluas lebih dari 43 ribu hektar ini juga terkenal dengan banyak cerita mistis dan misteri. Meski demikian, merupakan jalur alternatif menuju Pantai Plengkung dan G-Land yang terkenal sebagai lokasi surfing.
 
Bagaimana B'timers, tertarik untuk mengeksplor keragaman destinasi di Banyuwangi?

 

Share This Article