5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia | Breaktime
5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia
01.05.2016

Indonesia memiliki puluhan bandara yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten. Bandara-bandara yang berstatus lokal maupun internasional tersebut terus berbenah menuju infrastruktur yang handal di bidang transportasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah pun terus melakukan upaya membangun dan memperbaiki bandara-bandara agar lebih cantik, modern dan canggih. Berikut empat bandara tercanggih di Indonesia yang bisa B'timers kunjungi saat terbang ke Medan, Jakarta, Bali, Balikpapan, dan Surabaya.

1. Bandara Kuala Namu, Deli Serdang

Kuala Namu International Airport merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta. Bandara ini berada pada urutan 10 untuk kategori Best Regional Airports in Asia dalam penghargaan The World’s Best Airports Tahun 2015 dari Skytrax.

Bandara yang mulai beroperasi pada 25 Juli 2013 ini berlokasi sekitar 40 kilometer dari Kota Medan. Bandara Kuala Namu memiliki 117 toilet untuk perempuan dan laki-laki, serta 20 toilet untuk difabel. Untuk ruang tunggu internasional, Bandara Kuala Namu menyediakan tempat seluas 2.068 m2, sedangkan untuk ruang tunggu domestik lebih dari dua kalinya yaitu seluas 4.568,98 m2, dengan total 101 counter check-in.

5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia | Breaktime
Koridor menuju stasiun kereta bandara di Kuala Namu

Untuk fasilitas udara, runway atau landasan pesawat Bandara Kuala Namu mempunyai 33 landasan parkir pesawat. Dan seperti yang sudah banyak diketahui, Bandara Kuala Namu merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang bisa diakses dengan kereta api bandara dengan fasilitas WIFI di dalamnya. 

2. Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara tersibuk di Indonesia. Tidak mengherankan karena bandara yang terletak di Cengkareng, Tangerang ini menjadi bandara yang dekat dengan Jabodetabek. Kota-kota yang memang menjadi pusat pemerintahan dan pusat perdagangan.

Memiliki 3 terminal dan satu terminal baru yang akan mulai beroperasi tahun 2017, Bandara Soekarno-Hatta dilengkapi dua landasan pesawat, 120 check-in counter, serta fasilitas penunjang lain seperti Lounge, Shopping area, area khusus merokok, hotel bandara, bahkan juga lapangan golf. Dan yang tak kalah ketinggalan adalah free wi-fi yang akan memanjakan para calon penumpang.

5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia | Breaktime
Suasana di sisi runway bandara Ngurah Rai Denpasar Bali

3. Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali

Sederet penghargaan telah diterima Bandara Ngurah Rai sebagai pintu masuk ikon pariwisata Indonesia, Bali. Pada tahun 2015 bandara ini meraih penghargaan Airport Council International (ACI) sebagai bandara terbaik ketiga di dunia versi Survei Airport Service Quality (ASQ). Bandara Ngurah Rai berada di peringkat keenam dunia sebagai bandara dengan kecepatan wifi terbaik yang dinilai oleh asosiasi bandara Internasional.

Terminal Internasional Bandara Ngurah Rai memiliki 96 check in counter dan terminal domestik memiliki 38 check in counter. Sebagai bandara internasional, Bandara Ngurah Rai menyediakan immigration counter masing-masing sebanyak 36 counter untuk arrival dan departure. Sedangkan untuk kebutuhan pelayanan Visa on Arrival ada 32 unit counter.

5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia | Breaktime
Ruang tunggu yang modern dan nyaman di Bandara Sepinggan Balikpapan

4. Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan

Berawal dari aktivitas perusahaan minyak, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau yang lebih dikenal sebagai Bandara Sepinggan ini terus berkembang. Bandara ini dinobatkan sebagai Best of The Best Airport of The Year dalam ajang Bandara Award 2014 oleh Majalah Bandara dan Kementerian Perhubungan.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman memiliki fasilitas yang tak kalah dengan bandara internasional lainnya. Ada terminal international dengan luas 7.385 m2 dimana mampu menampung 99.023 penumpang per tahun, dan ada terminal domestik dengan luas 21.647 m2 yang bisa menampung hingga 7.628.594 penumpang per tahun.

Untuk sistem keamanan, handling bagasi, dan check in counter, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman mengadopsi dari bandara Incheon Korea Selatan yang merupakan salah satu bandara kelas dunia. Sebagai bandara yang melayani penerbangan internasional, bandara ini juga memiliki immigration counter dan pelayanan visa on arrival.

5 Bandara Modern dan Canggih di Indonesia | Breaktime
Salah satu sudut ruang tunggu Bandara Juanda Surabaya, bersih dan rapi

5. Bandara Juanda, Sidoarjo

Bandara yang dibuka pada tahun 1964 ini merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia, terutama setelah beroperasinya Terminal 2 Bandara Juanda yang kini juga menjadi tempat keberangkatan dan kedatangan penerbangan internasional.

Bandara Juanda diperkirakan mampu menampung 13 juta hingga 16 juta penumpang per tahun. Sejak tahun 2015 telah dibangun Terminal 3 yang dibangun untuk mengurangi kepadatan penumpang di Terminal 1 dan 2 yang sudah overload. Menurut rencana, terminal ini akan beroperasi pada tahun 2018. (ZA)

Share This Article