4 Masjid Dengan Arsitektur Paling Nyeleneh di Dunia! | Breaktime
4 Masjid Dengan Arsitektur Paling Nyeleneh di Dunia!
30.06.2015

Masjid merupakan tempat sucinya umat Islam yang digunakan untuk beribadah. Mengingat Islam termasuk salah satu agama yang paling banyak di dunia, tidak heran Anda akan menemui berbagai macam arsitektur yang berbeda di setiap wilayah. Nah, inilah 4 masjid dengan bentuk unik dan nyeleneh di berbagai belahan dunia:

Masjid Samarra, Irak

Inilah keunikan bentuk dari masjid Samarra
Inilah keunikan bentuk dari masjid Samarra

Masjid satu ini bisa dibilang memiliki arsitektur beda dengan yang lainnya. Bagaimana tidak, masjid yang terletak di kota Samara, Irak ini memiliki bentuk yang unik seperti kue tart setinggi 55 meter. Meski begitu, interiornya sanga cantik dan megah dengan batu bata asli yang mengelilingi bangunannya. Dibangun oleh Khalifah Abbasiyah Al-Mutawakkil  pada abad 9, masjid satu ini masih berdiri kokoh sampai sekarang.

Masjid Larabanga, Ghana

Bentuk masjid Larabanga yang nyeleneh
Bentuk masjid Larabanga yang nyeleneh

Masjid Larabanga yang memiliki arsitektur ala Sudan ini terletak di Kampong Larabanga, Republik Ghana, benua Afrika. Meskipun ukurannya tidak besar, sekitar 8x8 m, masjid satu ini masuk ke dalam 100 peninggalan bersejarah di dunia yang wajib untuk dijaga kelestariannya. Tentang berdirinya masjid berbentuk unik satu ini masih sangat kontroversional, ada yang bilang dibangun pada tahun 1421 M. Serta, ada pula yang menyebutkan bahwa masjid ini dibangun secara misterius oleh saudagar muslim benama Ayuba.

Masjid Jamiul Alfar, Sri Lanka

Keunikan arsitektur Masjid Jamiul Alfar
Keunikan arsitektur Masjid Jamiul Alfar

Dibangun pada tahun 1908 -1906, masjid tertua di Sri Lanka ini memiliki detail warna belang, merah dan putih layaknya kue lapis. Dengan arsitektur Islam yang dipadu model kastil ala Inggris, membuat masjid Jamiul Alfar ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Kolombo. Meskipun letaknya di antara jejeran toko, masjid satu ini tetap saja bisa dikenali karena warna dan bentuknya yang unik. 

Masjid Xi’an, China

Arsitektur masjid Xi’an khas China
Arsitektur masjid Xi’an khas China

Sekilas, masjid yang terletak di kota Xi’an, China ini mirip seperti kuil tradisional yang dilengkapi dengan halaman, paviliun, serta pagoda. Namun jika Anda melihat lebih dekat, banyak sekali hiasan berupa kaligrafi Arab yang terpahat indah di dinding ruangan yang terbuat dari kayu. Pemandangan tersebut terkadang membuat para jamaah yang datang merasa merinding karena keindahan dan keunikan arsitektur asal negeri Tirai Bambu ini. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Ming 1400 M oleh Laksamana Cheng Ho.

Nah B’timers, itulah 4 masjid dengan bentuk unik dan nyeleneh di seluruh dunia. Apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya?

Share This Article