4 Fakta Unik Gunung Bromo yang Bikin Kagum | Breaktime
4 Fakta Unik Gunung Bromo yang Bikin Kagum
06.08.2016

B’timers pernah mengunjungi Gunung Bromo? Jika ya, Anda pasti setuju kalau Gunung Bromo menyimpan keindahan yang tidak akan pernah membuat Anda bosan untuk kembali lagi ke sana. Tetapi, tahukah B’timers bahwa selain memiliki pemandangan yang sangat mempesona, Gunung Bromo juga menyimpan banyak fakta unik yang harus Anda ketahui. Berikut ini adalah fakta-fakta unik tentang Gunung Bromo.

Sejarah Terbentuknya Gunung Bromo

Secara geografis, Gunung Bromo terbentuk akibat letusan Gunung Tengger (4000 mdpl) yang merupakan gunung tertinggi di kawasan tersebut pada saat itu. Letusan dahsyat yang menciptakan sebuah kaldera dengan diameter lebih dari 8 km.

Letusan berikutnya, mengeluarkan materi vulkanik yang menumpuk di dalam kaldera hingga membentuk lautan pasir yang sekarang menjadi salah satu daya tarik Gunung Bromo. Pada letusan yang kesekian kalinya muncul lorong magma di tengah kaldera sehingga membentuk gunung-gunung baru, salah satunya adalah Gunung Bromo.

Upacara Yadnya Kasada

4 Fakta Unik Gunung Bromo yang Bikin Kagum  | Breaktime
Pura Hindu di Kaki Gunung Bromo

Fakta unik lain yang menjadi daya tarik khas Gunung Bromo adalah adat istiadat yang dimiliki oleh masyarakat suku Tengger yang hidup di kawasan Gunung Bromo. Masyarakat suku Tengger memiliki ritual yang dilakukan secara turun-temurun yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.

Pada tanggal 14 dan 15 bulan Kasodo (bulan kesepuluh) menurut penanggalan Jawa, masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada, yaitu upacara persembahan untuk para leluhur dan tanda syukur kepada Tuhan. Upacara ini dilaksanakan di sebuah pura yang berada di kaki Gunung Bromo.

Menikmati Matahari Terbit 

Keindahan yang selalu menjadi daya tarik adalah melihat matahari terbit. Pemandangan matahari terbit hanya bisa disaksikan dari atas puncak Penanjakan. Dari situ Anda akan melihat keseluruhan pemandangan Gunung Bromo dan gunung-gunung di sekitarnya. Waktu yang pas untuk melihat matahari terbit adalah pukul 3:00 pagi hingga 5:00 pagi.

Sejarah letusan Gunung Bromo

Gunung Bromo termasuk salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia sampai sekarang. Sejak tahun 1974 hingga tahun 2011 tercatat sudah 66 kali Gunung Bromo meletus. Letusan terbesar Gunung Bromo terjadi pada tahun 1974. Berita terbaru adalah pada April 2016, Gunung Bromo masih sering melakukan aktivitas dengan mengeluarkan debu vulkanik.

Menarik sekali kan, Gunung Bromo ini? Fakta-fakta tadi tentunya membuat B’timers jadi lebih kagum dengan tempat wisata ini. (vpd)

Share This Article