10 Underwater Terbaik Asia Tenggara, 5 Ada di Indonesia | Breaktime
10 Underwater Terbaik Asia Tenggara, 5 Ada di Indonesia
28.03.2015

B'timers hobi menyelam atau sekedar snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut? Beruntunglah Anda sebagai orang Indonesia karena dianugerahi alam yang luar biasa indahnya, terutama bawah laut.

Situs pencarian destinasi tiket pesawat populer, Skyscanner, belum lama ini merilis daftar "10 Underwater Terbaik di Asia Tenggara". Dan 5 dari 10 spot underwater tersebut ada di Indonesia.

Berikut spot-spot underwater terbaik di Asia Tenggara, lokasi paling pas bagi penikmat bawah laut untuk melihat terumbu karang, berenang bersama ikan warna-warni, kura-kura, manta, bahkan paus dan hiu jinak.

10 Underwater Terbaik Asia Tenggara, 5 Ada di Indonesia

Sabang, Indonesia

Wilayah paling ujung barat negara kita ini merupakan "ibu kota" penyelaman di kawasan Indonesia Barat. Ada lebih dari 30 diving spot di Sabang, beberapa di antaranya adalah St. Christopher Wreck, Sabang Reef, dan Shark Cave. 

Sabah, Malaysia

Wilayah Malaysia yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan ini memiliki beberapa pulau kecil dengan keindahan bawah laut yang memukau. Pulau-pulau tersebut di antaranya adalah Pulau Sipadan, Pulau Mabul, Pulau Kapalai, Pulau Lankayan, Pulau Layang-layang, Pulau Mataking, dan Pulau Sibuan.

Bunaken, Indonesia

Penyeberangan selama 40 menit dengan perahu motor dari Manado akan terbayar dengan keindahan bawah laut Bunaken yang memang sudah lama tersohor. Tercatat ada sekitar 13 jenis terumbu karang dan 91 jenis ikan di perairan Taman Nasional Bunaken.

Phuket, Thailand

Phuket merupakan destinasi tropis favorit di kalangan wisatawan asing yang datang ke Thailand. Pulau-pulau kecil di sekitar Phuket seperti Koh Phi-phi, Koh Samui, Koh Lanta, dan Krabi masih relatif alami dan menarik untuk dikunjungi. Destinasi ini juga makin terkenal pasca film "The Beach" yang dibintangi Leonardo Di Caprio.

Ambon, Indonesia

Kota yang terletak di kepulauan Maluku ini dalam beberapa tahun terakhir makin terkenal sebagai destinasi wisata di kawasan Indonesia Timur. Ambon memiliki beberapa spot diving dengan ribuan spesies ikan dan ratusan jenis terumbu karang. Spot-spot diving yang terkenal di Ambon di antaranya adalah Pulau Saparua, Pintu Kota, Hukurila Cave, dan Banda Neira

Malapascua, Filipina

Bila sebelumnya Filipina lebih terkenal dengan pantai di Boracay, maka keindahan bawah laut negara kepulauan tepi Pasifik ini terletak di Malapascua. Beberapa dive spot yang terkenal adalah Gato Island, Monad Shoal, dan Kemod Shoal. Di Malaspacua Anda juga bisa berenang dengan Hiu Threser dengan ukurang panjang 5-6 meter.

Taman Nasional Komodo, Indonesia

Taman nasional yang terdiri dari kepulauan di ujung barat Flores ini tak hanya dikenal memiliki reptil purba raksasa di Pulau Rinca dan Pulau Komodo. Taman bawah laut di sekitar Kepulauan Komodo dan Pink Beach memiliki keindahan yang menjadi magnet penyelam dari penjuru dunia. Tak jauh dari Gili Laba terdapat Manta Point, di mana B’timers bisa berenang dengan Manta jinak yang memiliki lebar hingga empat meter.

Kepulauan Mergui, Myanmar

Awalnya belum banyak yang mengetahui keindahan bawah laut di wilayah Indochina ini. Kepulauan Mergui terletak di bagian selatan Myanmar dan terkenal memiliki keragaman spesies ikan dan hiu paus yang mengagumkan. Dua spot menyelam di Mergui yang terkenal adalah Shark Cave dan Black Rock.

Hoi An, Vietnam

Lokasi ini bisa diakses dengan bus atau kereta dari Da Nang, kota di bagian tengah Vietnam. Salah satu lokasi yang terkenal di Hoi An adalah Cua Loa Cham yang memiliki deretan pulau-pulau besar dan kecil sebagai spot diving dan snorkeling paling populer di Vietnam.

Raja Ampat, Indonesia

Disebut-sebut sebagai surga bawah laut di Indonesia Timur, Raja Ampat merupakan rumah bagi 75% spesies laut di dunia. Didukung pemandangan alam berupa bukit-bukit karst yang menawan, wajar bila Raja Ampat yang terletak di Papua Barat ini menjadi destinasi impian bagi setiap traveler domestik maupun mancanegara.

Share This Article