10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan | Breaktime
10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan
13.07.2017

Apabila B'timers masih memiliki sisa waktu liburan pasca Lebaran tahun ini, Banyuwangi bisa menjadi destinasi alternatif yang layak dikunjungi.

Kabupaten paling timur di Pulau Jawa ini berbatasan langsung dengan Selat Bali dan bisa dijadikan lokasi transit bagi pemudik dari Bali yang menuju Jawa lewat jalur darat -dan laut melalui kapal ferry.

Dikutip dari Jakarta Globe, akhir Juni lalu telah diluncurkan aplikasi "Banyuwangi in Your Hand" yang memudahkan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata, kuliner, dan berbagai atraksi menarik di Banyuwangi.

Berikut 10 atraksi wisata menarik yang bisa dikunjungi saat B'timers berlibur di Banyuwangi.

10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan | Breaktime
Keunikan kawah di puncak Gunung Ijen ini selalu menjadi daya tarik wisatawan

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi paling populer di Kabupaten Banyuwangi. Kawah yang juga menjadi penghasil sulfur ini terkenal dengan fenomena "blue fire" yang bisa dinikmati wisatawan dengan trekking selama kurang lebih dua jam.

2. Pantai G-Land

Oleh warga setempat, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Plengkung. Nama G-Land lebih akrab di kalangan wisatawan asing, terutama penggemar olahraga surfing karena pantai ini terkenal dengan ombaknya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah periode Juli sampai September.

3. Air terjun Lider

Salah satu obyek wisata yang belum banyak dikunjungi wisatawan ini memiliki air terjun dengan ketinggian sekitar 60 meter. Selain air terjun utama, juga terdapat empat air terjun kecil di sekitarnya. Lokasi air terjun Lider berada di desa Sragi.

10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan | Breaktime
Wisatawan bermain surfing di lokasi populer di Banyuwangi, G-Land

4. Pantai Pulau Merah

Pemandangan pantai yang landai dengan sejumlah kursi kayu di bibir pantai di lokasi ini mengingatkan B'timers pada Bali. Pantai Pulau Merah memang layak dikunjungi bagi penggemar wisata pantai dan surfing. Nama "Pulau Merah" diambil dari pulau kecil di seberang pulau yang berasal dari tanah liat berwarna merah.

5. Dewa Wisata Osing

Desa wisata ini cocok bagi wisatawan yang ingin mengenal dan mempelajari budaya khas Banyuwangi yang cukup terkenal, yaitu Osing. Rumah-rumah adat khas Banyuwangi, musik tradisional, dan bahasa daerah Osing bisa dirasakan langsung di desa wisata ini.

10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan | Breaktime
Pantai Pulau Merah, daya tarik utama wisata pantai di Banyuwangi

6. Taman Sri Tanjung

Terletak tak jauh dari Masjid Agung Baiturahman Banyuwangi, taman ini cukup terkenal di kalangan warga setempat karena menjadi ruan publik yang sangat ramah dan nyaman. Di taman ini juga terdapat fasilitas wifi gratis bagi pengunjung.

7.  Teluk Ijo

Berada di pinggiran Taman Nasional Meru Betiri, Teluk Ijo atau yang juga dikenal dengan nama Green Bay ini menawarkan suasana pantai yang jauh dari keramaian. Untuk menuju lokasi pantai, wisatawan harus trekking selama satu jam atau naik perahu nelayan tradisional selama kurang lebih 30 menit.

10 Tempat di Banyuwangi untuk Habiskan Liburan | Breaktime
Teluk Ijo atau Green Bay, destinasi tersembunyi di Banyuwangi

8. Kali Klatak

Banyuwangi mulai memperkenalkan wisata eco-tourism melalui wahana wisata Kali Klatak. Terletak di kawasan perbukitan, lokasi ini menjadi pusat perkebunan karet, coklat, kelapa, dan buah-buahan.. Wisatawan bisa menikmati suasana perkebunan di kawasan ini.

9. Pantai Rajagwesi

Terletak di desa Sarongan, pantai Rajagwesi merupakan "pintu masuk" menuju Teluk Ijo lewat jalur laut. Tak hanya itu, pantai ini juga terkenal sebagai penghasil ikan laut yang melimpah. Wisatawan bisa ikut mendapatkan hasil tangkapan laut pada periode tertentu.

10. Watu Dodol

Letaknya sangat strategis, di tepi jalur utama pantura antara Situbondo dan Banyuwangi. Lokasi ini terkenal dengan patung penari Gandrung khas Banyuwangi. Wisatawan bisa singgah di lokasi ini untuk menikmati suasana pantai, terutama saat sunrise. Di sekitar pantai juga terdapat banyak warung kuliner dan hotel.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE