Surga Tersembunyi Vers Anugerah Pesona Indonesia | Breaktime
10 Surga Tersembunyi Versi Anugerah Pesona Indonesia
15.07.2016

Sebagai negara kepulauan dengan beragam suku bangsa, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata alam dan budaya yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Dari sekian banyak destinasi wisata tersebut, ada sepuluh destinasi pilihan yang masuk dalam kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di ajang nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016.

Surga Tersembunyi Vers Anugerah Pesona Indonesia | Breaktime
Pulau Pahawang Besar, satu dari beberapa pulau indah di Kepulauan Pahawang

Kesepuluh destinasi tersebut yaitu:
 1. Pulau Anambas, Kepulauan Riau
 2. Pulau Berhala, Sumatera Utara
 3. Pulau Karampuang, Sulawesi Barat
 4. Pulau Maratua, Kalimantan Timur
 5. Pulau Pahawang, Lampung
 6. Pulau Sangiang, Banten
 7. Pulau Sebuku, Kalimantan Selatan
 8. Kepulauan Kei, Maluku
 9. Kepulauan Mandeh, Sumatera Barat
 10. Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Sepuluh destinasi tersebut nantinya dikerucutkan menjadi tiga destinasi paling populer berdasarkan jumlah suara yang diperoleh dari jajak pendapat. Yang unik, B'timers bisa ikut menentukan pilihan pada voting online. Saat ini sudah lebih dari 4.000 responden yang menyumbangkan suara untuk memilih destinasi wisata kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Surga Tersembunyi Vers Anugerah Pesona Indonesia | Breaktime
Pulau Sangiang di Banten, salah satu destinasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan

Selain kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, masih ada sembilan kategori lain, yaitu: tujuan wisata terpopuler kebersihannya, situs sejarah, kuliner tradisional, tempat menyelam, tempat berselancar, atraksi budaya, festival budaya, dataran tinggi, dan tujuan wisata baru.

Pemenang dari nominasi ini diharapkan bisa memberi nilai tambah bagi destinasi wisata di kawasan tersebut sehingga berdampak pada pertumbuhan kunjungan wisatawan.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenpar dalam upaya meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia, terutama di daerah-daerah yang belum terlalu populer di kalangan wisatawan. (za)

Share This Article