10 Pulau Tengah Danau di Dunia, Ada dari Indonesia
10 Pulau Tengah Danau di Dunia, Ada dari Indonesia
01.06.2016

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak destinasi wisata alam seperti pantai, gunung, kawah gunung api, dan danau.

B'timers tentu tak asing lagi dengan nama-nama danau yang sudah cukup populer seperti Danau Toba dan Singkarak di Sumatera, Danau Tondano di Sulawesi Utara, hingga Danau Paniai di Papua.

Dari sekian banyak danau-danau besar di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki pulau, seperti Pulau Samosir di Danau Toba. Luas Pulau Samosir sendiri hampir sama dengan luas Singapura.

Salah satu penginapan di pesisir Danau Toba, Sumatera Utara
Salah satu penginapan di pesisir Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba terbentuk dari letusan gunung api super sekitar 75 ribu tahun lalu dan merupakan danau terluas di Asia Tenggara. Dari segi kedalaman, Danau Toba merupakan salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 450 meter.

Pulau Samosir sendiri merupakan pulau vulkanik yang dikelilingi Danau Toba. Suasana yang sejuk, pemandangan alam khas pegunungan yang mempesona, serta hamparan air biru Danau Toba membuat kawasan ini sudah lama terkenal sebagai destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara.

Ada beberapa destinasi yang bisa dikunjungi wisatawan di Pulau Samosir, seperti rumah adat dan pusat souvenir di Tomok, suasana pegunungan di Parapat, menikmati pemandangan Danau Toba dari desa tertinggi di Togging, menikmati keindahan Pantai Lumban Silintong Balige, atau air terjun di Pusuk Bukit.
 

Banyak atraksi objek wisata yang bisa dinikmati di sekitar Danau Toba
Banyak atraksi objek wisata yang bisa dinikmati di sekitar Danau Toba

Kemudahan akses transportasi dari kota Medan maupun bandara Kuala Namu makin memudahkan wisatawan untuk menuju Danau Toba.

Selain Indonesia dengan Pulau Samosir-nya, Kanada merupakan negara yang juga memiliki pulau-pulau besar di tengah danau. Setidaknya lima dari sepuluh pulau terluas di tengah danau ada di Kanada, dua di antaranya berbatasan dengan wilayah Amerika Serikat.

Berikut daftar 10 pulau terluas di tengah danau berdasarkan data World Atlas.

1. Pulau Manitoulin di Danau Huron, Kanada (2.766 km2)
2. Pulau Vozrohdeniya di Danau Aral, Uzbekistan dan Kazakhstan (2.300 km2)
3. Pulau Rene Lavasseuyr di Danau Manacouagan, Kanada (2.000 km2)
4. Pulau Olkhon di Danau Baikal, Rusia (730 km2)
5. Pulau Samosir di Danau Toba, Indonesia (630 km2)
6. Pulau Royal di Danau Superior, Kanada dan Amerika Serikat (541 km2)
7. Pulau Ukerewe di Danau Victoria, Tanzania dan Uganda (530 km2)
8. Pulau St. Joseph di Danau Huron, Kanada (365 km2)
9. Pulau Drummond di Danau Huron, Kanada (347 km2)
10. Pulau Idjwi di Danau Kivu, Kongo (285 km2)
(ZA)

Share This Article