10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan
09.11.2015

Ketika ada lebih dari 2000 pagoda yang bisa dikunjungi dalam waktu sehari di area seluas kurang lebih 20 kilometer persegi, pagoda mana yang akan Anda pilih?
 
            Pertanyaan itu akan selalu ada dalam setiap benak wisatawan yang berkunjung ke Old Bagan, Myanmar. Di kawasan ini terdapat ribuan pagoda atau kuil Buddha peninggalan Kerajaan Myanmar Kuno yang masih terawat hingga sekarang.
 
            "Pagoda Day Out" menjadi agenda tiap wisatawan ke Old Bagan. Saya pun memilih untuk sewa sepeda motor elektrik dari Nyaung-U yang berlokasi sekitar 4 kilometer dari Old Bagan. Dengan sepeda motor, kita bisa leluasa bergerak dari satu pagoda ke pagoda lain. Berikut 10 pagoda yang tak boleh anda lewatkan di Bagan.

Pagoda Buledi

 Buledi merupakan lokasi pertama yang dipilih banyak wisatawan saat tiba di area Old Bagan. Tempat ini sangat ramai saat pagi karena merupakan spot menikmati sunrise dengan latar belakang puluhan balon udara yang terbang di atas kawasan Old Bagan. Sebuah pemandangan yang luar biasa indah.

10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
Pagoda Buledi, tempat favorit wisatawan menikmati sunrise

Pagoda Shwesandaw

Saat senja, datanglah ke pagoda ini. Shwesandaw merupakan lokasi favorti untuk menikmati sunset. Pagoda ini disebut-sebut sebagai yang pertama dibangun oleh Anawratha, bapak bangsa Myanmar, pada tahun 1057. Jangan lupa siapkan tiket Bagan Archaeological Zone sebelum masuk pagoda ini.

Pagoda Ananda

Menurut cerita seorang guide yang menemani saya di sini, Pagoda Ananda pernah rusak parah akibat gempa bumi pada tahun 1975, namun berhasil diselamatkan dengan beberapa kali renovasi. Kuil Ananda merupakan salah satu pagoda dengan susunan terbaik dan paling dihormati di antara pagoda-pagoda lain di Bagan.

Pagoda Dhammayangyi

Dhammayangyi merupakan salah satu dari empat bangunan utama di Bagan yang berkedudukan sama pentingnya dengan Shwezigon Pagoda, Ananda dan Thatbyinnyu.

10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
Bangunan segiempat yang kuno dan unik di Pagoda Gawdawpalin

Pagoda Gawdawpalin

Pagoda ini adalah salah satu yang terbesar di Bagan dengan ciri khas gambar Buddha di lantai dasar. Bangunan Gawdawpalin berupa candi bertingkat dua yang dibangun oleh Raja Narapatisithu. Nama Gawdawpalin berarti "tahta yang menyembah".

Pagoda Htilominlo

 Htilominlo merupakan salah satu pagoda yang cukup dekat dan mudah diakses dari Nyaung-U. Pagoda ini berupa bangunan bertingkat tiga yang dibangun pada tahun 1218 pada masa kekuasaan Raja Nantaungmya. Di sekitar pagoda ini terdapat aneka stand penjual souvenir dan kerajinan yang telah tertata rapi. Dalam bahasa setempat, Htilominlo berarti Berkah dari Tiga Dunia.

10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
Pagoda Htilominlo, salah satu pagoda tertua yang paling cantik

Pagoda Shwezigon

Shwezigon dianggap sebagai pagoda yang paling disucikan di Bagan pada era modern ini. Struktur bangunan dari pagoda ini dibangun untuk mengabadikan salah satu dari empat replika gigi Buddha di Kandy, Sri Lanka. Di antara pagoda-pagoda lain di Bagan, Shwezigon merupakan yang terbesar, paling ramai, dan memiliki struktur bangunan paling modern.

Pagoda Thatbyinnyu

Dengan tinggi mencapai 61 meter, Thatbyinnyu merupakan pagoda tertinggi di Old Bagan. Dalam bahasa Myanmar, Thatbyinnyu berarti Maha Besar atau Maha Tuhan, sesuai dengan bangunan pagoda bertingkat dua ini yang ditujukan untuk menghormati Buddha.

10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
Pagoda Shwezigon, paling modern di antara pagoda lainnya di Old Bagan

Pagoda Thambula

Sedikit berbeda dengan pagoda-pagoda lainnya di Bagan, pagoda Thambula yang dibangun oleh Ratu Thambula pada tahun 1255 ini cukup menarik karena terdapat pengaruh China pada lukisan Buddha dan mural yang terdapat di dinding-dinding pagoda.

Pagoda Pyathatgyi

Pyathatgyi disebut sebagai bangunan terbesar pada dinasti Bagan, merupakan lokasi yang tepat untuk menutup tour sehari keliling Old Bagan sebelum menuju pagoda Pyathada untuk menikmati sunset.

10 Pagoda Yang Wajib Anda Kunjungi di Old Bagan | Breaktime
Wisatawan menikmati sunset dari Pagoda Pyathada

Travel Tips:

Sebelum memasuki area Bagan Archaeological Zone, sebagai wisatawan asing kita harus membayar tiket seharga USD 20 per orang. Tiket ini bisa berlaku untuk tiga hari. Saat menikmati sunset di Pyathada, setiap wisatawan asing harus menunjukkan tiket ini, jadi simpan tiket jangan sampai hilang.
 
            Penginapan dan hotel banyak kita temukan di kawasan Nyaung-U yang juga dekat dengan pasar tradisional. Di kawasan ini kita bisa sewa sepeda motor dengan harga 10 ribu kyat (sekitar Rp 120 ribu) per hari. (za)

Share This Article