Festival Ini Meriahkan Lombok dan Sumbawa 2016 | Breaktime
10 Festival Ini Siap Meriahkan Lombok dan Sumbawa Tahun 2016
02.01.2016

Apakah B'timers masih bingung menentukan destinasi pilihan untuk berwisata domestik tahun depan? Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bisa menjadi alternatif pilihan karena destinasi ini siap menggelar berbagai festival seni dan budaya pada tahun 2016 mendatang.
     NTB telah menerbitkan "Calendar Event Nusa Tenggara Barat 2016" untuk menarik 3 juta wisatawan pada tahun 2016 dengan tujuan di dua pulau utama NTB, yaitu Lombok dan Sumbawa.
     Lombok sendiri kini makin banyak dikunjungi wisatawan, khususnya dari Timur Tengah, menyusul diraihnya gelar bergengsi World's Best Halal Tourism Destination dan World's Best Halal Honeymoon Destination.
     Berikut sejumlah agenda wisata penting sepanjang tahun 2016 yang bisa anda kunjungi di Nusa Tenggara Barat.

  •  Februari: Pesta Rakyat Bau Nyale

 Festival ini yang diangkat dari Legenda Putri Mandalika ini digelar di Pantai Kuta (Pantai Seger dan Tanjung Aan), Lombok Tengah. Selain festival Bau Nyale, pada bulan Februari juga digelar Festival Seni Pelajar dan Apresiasi Film Nasional.

  •  Maret: Pagelaran Wayang Kulit Sasak

 Merupakan kolaborasi antara wayang dengan teater, tari, dan kesenian lain yang akan digelar pada 19 Maret untuk menumbuhkan rasa cinta budaya Indonesia pada anak muda.

  •  April: Tambora Menyapa Dunia

 Setelah peringatan 200 tahun letusan Gunung Tambora di tahun 2015 yang berhasil menyita perhatian dunia, Tambora Menyapa Dunia kembali digelar 10 April mendatang. Event ini juga akan diwarnai Festival Mbojo atau pacuan kuda oleh anak-anak kecil pada 3-10 April.

  •  Mei: Festival Nasional Musik Tradisi

 Provinsi NTB menjadi tuan rumah pegelaran musik tradisional nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  •  Juni: Lombok Sumbawa Pearl Festival

 Lombok dikenal sebagai penghasil mutiara dan event "Lomok Sumbawa Pearl Festival" ini akan digelar untuk keenam kalinya pada bulan Juni mendatang.

  •  Juli: Musikalisasi Puisi dan Olah Seni

 Berbagai macam seni mulai dari kelas tari, musik, sastra, teater, dan seni rupa akan diselenggarakan untuk melahirkan generasi muda yang peduli dalam bidang kesenian.

  •  Agustus: Festival Mentaram

 Sebuah festival di Mataram yang menampilkan berbagai budaya Suku Sasak, Sumbawa, Mbojo, Bali, dan masih banyak lagi. Selain itu Bulan Budaya Lombok Sumbawa turut menjadi rangkaian dari festival ini.

  •  September: Festival Senggigi

 Festival di Pantai Senggigi ini akan berlangsung selama sepekan dan akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi, pameran, dan pesta rakyat. Selain itu juga akan digelar Festival Gili Indah dan Festival Moyo.

  •  Oktober: Festival Muharam

 Festival menyambut Tahun Baru Hijriyah ini sekaligus menguatkan citra Lombok sebagai World's Best Halal Destination. Pada bulan ini juga akan digelar Festival Lakey (surfing) di Dompu, Sumbawa.

  •  November: Festival Taliwang

 Kegiatan balapan kerbau, kerbau hias, hingga paralayang akan kembali diselenggarakan pada bulan November 2016. (za)

Share This Article