10 Fakta Unik Wajib Diketahui Tentang Halong Bay | Breaktime
10 Fakta Unik Yang Belum Kamu Ketahui Tentang Halong Bay
11.08.2015

Halong Bay terletak di provinsi Quang Ninh, bagian utara Vietnam, dan berada di wilayah Teluk Tonkin yang berbatasan dengan Tiongkok. Destinasi ini bisa ditempuh dalam waktu tiga jam perjalanan dari ibu kota Vietnam, Hanoi.

Kawasan Halong Bay merupakan teluk dengan panjang garis pantai kurang lebih 120 km dan luas sekitar 1.553 kilometer persegi. Wilayah ini terdiri dari 1.960 pulau-pulau kecil yang sebagian besar berupa batu kapur, pantai, dan gua.

Berikut beberapa fakta menarik dari destinasi wisata paling populer di Vietnam ini yang bisa menjadi rujukan B'timers untuk melancong ke Halong Bay:

1. Legenda

Dalam bahasa lokal, kata Halong Bay bermakna Teluk Naga. Masyarakat Halong mempercayai legenda turunnya naga yang dikirim oleh dewa untuk menjatuhkan permata dan batu giok hingga membentuk pulau-pulau di sekitar teluk Halong. 

2. Pra Sejarah

Pulau-pulau karst di Halong Bay terbentuk sekitar 500 juta tahun lalu. Aktivitas tektonik Laut China Selatan turut membentuk proses munculnya kepulauan karst di Halong Bay. Penelitian juga menunjukkan bahwa wilayah ini telah dihuni manusia pra sejarah pada ribuan tahun lalu.

10 Fakta Unik Wajib Diketahui Tentang Halong Bay | Breaktime
Halong Bay Cruise berlayar di antara pulau karst di Teluk Halong

3. Pulau Karst

Dari ribuan pulau karst yang terdapat di Halong Bay, hanya sedikit di antaranya yang memiliki nama. Pulau-pulau tersebut dijuluki seperti bentuknya, ada Pulau Gajah, Pulau Ubur-ubur dan Pulau Batu Kembar. Sebagian besar pulau belum pernah dikunjungi karena memiliki ketinggian dan kecuraman yang berbahaya untuk dieksplor.

Baca Juga : BERPETUALANG DI DAU GO CAVE, GUA TERBESAR DI HALONG BAY

4. Floating Village

Menurut catatan, terdapat sekitar 1.600 warga yang tinggal di pulau-pulau Halong Bay. Mata pencaharian utama mereka adalah nelayan dan sebagian kecil di sektor pariwisata. Nelayan ini tinggal di desa terapung Cua Van, Ba Hang, Cong Tau, dan Vong Vieng.

10 Fakta Unik Wajib Diketahui Tentang Halong Bay | Breaktime
Bermain kayak di Halong Bay Floating Village

5. Flora Fauna

Halong Bay merupakan habitat bagi 14 spesies flora dan vegetasi sub tropis. Sejumlah satwa liar yang dilindungi berada di kawasan pulau-pulau Halong Bay, meliputi monyet, berbagai jenis burung, kadal, hingga antelop. Di bawah air, terdapat 450 jenis moluska dan 200 spesies ikan yang hidup di perairan Halong Bay.

6. Gua-gua Eksotik

Pulau-pulau di Halong Bay terkenal dengan gua-gua yang eksotik dan menakjubkan. Beberapa gua di antaranya adalah Hang Hanh (gua terpanjang di Halong Bay), Kim Quy Grotto, Luon Grotto, Tam Cung Cave, Me Cung Cave, Trinh Nu Grotto, Bo Nau Cave, Sung Sot Cave, Thien Cung Cave, dan goa terbesar Dau Go Cave.

7. Invasi Mongol

Halong Bay diyakini sebagai salah satu "benteng alam" bangsa Vietnam saat menghadapi invasi Kubilai Khan dari Mongolia pada abad ke-13. Saat itu, Panglima Tran Hung Dao menyimpan senjata, perahu, dan pasukan di pulau-pulau Halong Bay untuk menghadapi bangsa Mongol.

10 Fakta Unik Wajib Diketahui Tentang Halong Bay | Breaktime
Wisatawan menikmati pemandangan pulau-pulau karst di Halong Bay

8. Sisa Perang Vietnam

Sisa-sisa peninggalan Perang Vietnam diyakini masih berada di sekitar Halong Bay, termasuk ranjau yang dipasang oleh militer Amerika Serikat. Beberapa di antaranya masih aktif dan menjadi ancaman bagi ekosistem maupun pengunjung hingga hari ini.

9. Seven Wonders

Keindahan dan keunikan Halong Bay telah diakui dunia. Kawasan ini masuk kategori Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1994 dan termasuk salah satu dari New Seven Wonders of Nature pada tahun 2012.

10. Mudah Dikunjungi

Wisatawan bisa menikmati Halong Bay hanya dalam waktu satu hari (one day tour) dari Hanoi. Bila kurang puas, tersedia pula paket dua dan tiga hari menginap di Halong Bay Cruise, dengan suguhan pemandangan sunrise dan sunset yang menakjubkan di Halong Bay.

Share This Article