10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
10 Destinasi Wajib Dikunjungi di Hanoi
10.08.2015

Sebagai ibu kota Vietnam, Hanoi merupakan pusat pemerintahan sekaligus menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Hanoi memiliki sejumlah tempat wisata menarik, tak hanya bernuansa sejarah yang erat kaitannya dengan era kolonialisme Perancis dan Perang Vietnam, tetapi juga tempat-tempat bernuansa etnik dan religi.

Berikut sepuluh tempat wisata yang bisa menjadi rujukan B'timers bila berkunjung ke Hanoi: 

One Pillar Pagoda

Sebuah kuil yang dibangun pada abad kesebelas oleh para biksu yang tinggal di kawasan Vietnam Utara. Keunikan kuil ini adalah berdiri di atas sebuah kolam dan sesuai namanya, bangunan utama kuil ditopang oleh sebuah pilar besar. Bangunan ini merupakan renovasi dari bangunan awal yang pernah rusak pada masa penjajahan Perancis.

Hoan Kiem Lake

Danau di tengah kota sekaligus tempat nongkrong anak muda Hanoi. Tak hanya warga lokal, wisatawan asing pun banyak yang berkumpul di sekitar danau ini. Pada malam hari, Hoan Kiem Lake sangat ramai oleh pengunjung. Tak jarang lokasi ini juga dipakai untuk foto pre wedding pasangan Hanoi.

Baca Juga : 7 HAL PENTING SEBELUM TRAVELING KE HANOI

10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
Suasana di Hoan Kiem Lake saat senja

Ngoc Son Temple

Bangunan ini terletak di tengah-tengah Hoan Kiem Lake, dihubungkan dengan sebuah jembatan berwarna merah. Di kuil ini terdapat sebuah patung kura-kura emas yang menjadikan kuil ini kadang juga disebut sebagai Kuil Kura-kura Emas.

Thang Long Water Puppet Theater

Sebuah kesenian unik khas Vietnam yang menjadi daya tarik wisatawan asing. Mirip kesenian wayang di Indonesia, namun para lakon wayang yang berupa boneka-boneka kecil ini dimainkan di atas air. Disertai cahaya warna-warni dan alunan musik khas Vietnam, kesenian ini menjadi salah satu atraksi yang pantang terlewatkan di Hanoi.

Ho Chi Minh Mausoleum

Merupakan monumen sekaligus makam dari tokoh nasional Vietnam, Ho Chi Minh. Di tempat ini pula Ho Chi Minh mendeklarasikan kemerdekaan Vietnam pada tahun 1945. Pada saat-saat tertentu area di sekitar kawasan ini tertutup untuk umum karena dipakai untuk acara kenegaraan.

10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
Ho Chi Minh Mauselium di Hanoi

Ho Chi Minh Museum

Terletak sekitar 100 meter dari bangunan utama Ho Chi Minh Mausoleum, museum ini merupakan salah satu yang terbesar di Hanoi. Di dalamnya terdapat rangkaian sejarah dari pra kemerdekaan, jaman kemerdekaan, hingga jaman Perang Vietnam. Masuk ke museum ini seolah membawa ke lorong waktu Vietnam di masa lampau.

Hoa Lo Prison

Disebut juga sebagai "Hanoi Hilton", julukan yang diberikan oleh tentara Amerika yang ditahan di penjara ini pada masa Perang Vietnam. Hoa Lo Prison merupakan bekas tahanan yang kini menjadi museum. Tempat ini dibangun pada masa penjajahan Perancis. Di dalam Hoa Lo Prison terdapat bekas sel tahanan, tempat menyiksa tahanan, hingga alat eksekusi pemenggal kepala atau guillotine.

10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
Diorama atau patung yang menggambarkan kondisi penjara di Hoa Lo Prison

Temple of Literature

Salah satu kuil paling terkenal di Hanoi. Dibangun pada tahun 1070 dan menjadi pusat ilmu pengetahuan selama berabad-abad. Di dalamnya terdapat lebih dari 100 prasasti yang tertulis pada batu-batu berbentuk kura-kura. Temple of Literatur juga disebut juga Kuil Confucius, tokoh ilmu pengetahuan legendaris bangsa China.

St Joseph Cathedral

Sebuah gereja Katolik Romawi yang dibangun pada tahun 1882 saat pasukan Perancis menguasai Hanoi. Arsitektur bangunan katedral bernuansa gotik dan memiliki banyak kesamaan dengan Katedral di Paris, Perancis. Tinggi dua menara katedral ini mencapai 31,5 meter. Di halaman katedral terdapat sebuah taman dan patung Bunda Maria.

10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
St Joseph Cathedral di Hanoi peninggalan masa penjajahan Perancis

Lenin Park

Dalam bahasa Vietnam disebut Thong Nhat Park. Sesuai namanya, bangunan utama di taman ini adalah sebuah patung Lenin raksasa setinggi kurang lebih 15 meter. Kawasan ini sangat ramai pada sore hari sebagai tempat berkumpul dan bermain anak-anak dan remaja.

Flag Tower

Usia bangunan ini sudah lebih dari 200 tahun, namun hingga kini masih terawat dengan baik dan menjadi simbol dari kota Hanoi. Flag Tower dibangun saat era Dinasti Nhuyen, pernah rusak saat perang melawan Perancis, namun dibangun kembali pasca kemerdekaan Vietnam. Menara utama setinggi 33 meter dan di bagian puncak selalu berkibar bendera Vietnam.

10 Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Hanoi | Breaktime
Bekas Helikopter tentara Amerika Serikat di Vietnam Military History Museum

Vietnam Military History Museum

Berlokasi tepat di samping Hanoi Flag Tower, tempat ini merupakan museum militer terbesar di Vietnam. Pada bagian dalam terdapat beberapa benda peninggalan militer Vietnam, terutama pada saat Perang Vietnam. Beberapa tank, helikopter, dan pesawat bekas Perang Vietnam berada di bagian belakang museum.

Share This Article