10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur
27.12.2016

India memiliki kota-kota penting dengan peninggalan sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan. Apabila kota Agra terkenal dengan Taj Mahal, maka Jaipur terkenal dengan sebutan Pink City.

Julukan Pink City pada Jaipur tak lepas dari bentuk bangunan dan arsitektur ada dinding, gerbang kota, benteng, hingga museum yang mayoritas berwarna merah atau merah tua (terracota).

Pada masa lalu, Jaipur merupakan ibukota Kerajaan Rajasthan, tak heran bila kota kecil yang cantik ini memiliki banyak bangunan bersejarah peninggalan kerajaan. Berikut beberapa spot yang bisa dikunjungi apabila B'timers liburan di Jaipur.

City Palace

Terletak di jantung kota Jaipur, City Palace merupakan tempat wisata paling banyak dikunjungi turis lokal maupun mancanegara di Jaipur. Kompleks bangunan kerajaan ini dibangun pada abad ke 19 oleh Maharaja Sawai Jai Singh. Bangunan City Palace merupakan gabungan arsitektur bergaya Eropa, Mughal, dan Islam. Pengunjung juga bisa menyaksikan benda-benda kerajaan, memorabilia, dan souvenir pada salah satu bagian City Palace yaitu Chandra Mahal.

10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
Keindahan arsitektur City Palace Jaipur, bekas kompleks istana Kerajaan Rajasthan

Jantar Mantar

Berlokasi tepat di seberang jalan City Palace, Jantar Mantar merupakan kompleks observatorium terbuka terbesar di dunia. Sejarawan, astronom dan wisatawan mengunjungi tempat ini untuk mendapatkan gambaran tentang keterampilan astronomi dari raja India pada masa lalu. Kompleks Jantar Mantar yang masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini juga memiliki jam matahari terbesar di dunia. Observatorium terbuka yang dirancang oleh Sawai Jai Singh ini memiliki konsep arsitektur, astronomi dan kosmologi yang sangat detail dan brilian.

Hawa Mahal

Landmark lainnya yang terkenal dari Jaipur adalah Hawa Mahal. Dibangun pada akhir abad ke-17, bangunan menyerupai istana dengan lebih dari 900 jendela menghadap ke kota ini terlihat sangat cantik di tengah-tengah ramai dan padatnya kota Jaipur. Bangunan ini dulunya dibuat sebagai tempat tinggal putri kerajaan yang tidak dibolehkan berinteraksi dengan orang asing dan hanya bisa menikmati pemandangan kota dari dalam kemegahan Hawa Mahal.

10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
Hawa Mahal terkenal dengan ratusan jendela yang menghadap kota Jaipur

Albert Hall Museum

Albert Hall Museum merupakan museum tertua di Rajasthan yang berada di kawasan Ram Niwas Garden dan mulai dibuka untuk umum pada abad ke-18. Museum yang pada pembangunannya diresmikan oleh Prince of Wales Albert Edward ini identik dengan arsitektur cantik lengkungan kubah, artefak kuno, hiasan, lukisan, senjata, logam dan barang kerajinan lainnya, karpet, kostum, serta benda-benda bersejarah lain dari Kerajaan Rajasthan.

Jaipur Zoo

Berada tepat di samping Albert Hall Museum, Jaipur Zoo terkenal juga sebagai Zoological Garden, merupakan kebun binatang pertama yang dibangun pada masa kekuasaan Maharaja Sawai Ram Singh II pada abad ke-18 dan masih bisa dikunjungi oleh wisatawan hingga saat ini.

10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
Salah satu pintu gerbang di Amber Fort dengan dua meriam di depannya

Amer Fort

Bangunan megah ini mengingatkan kita pada Tembok Raksasa China. Amer Fort (kadang juga disebut Amber Fort) merupakan benteng besar yang dibangun mengelilingi perbukitan di luar kota Jaipur. Kompleks benteng ini dibangun pada akhir abad ke-15 oleh Raja Jai Singh I. Konstruksi benteng dan dinding mencerminkan perpaduan arsitektur Hindu dan Islam. Pintu masuk utama Amber Fort menghadap timur dengan sebuah kolam di bagian depan.

Jal Mahal

Terletak sekitar tiga kilometer dari Amber Fort, Jal Mahal merupakan bagian dari istana kerajaan yang dibangun di tengah danau. Sesuai namanya yang berarti Istana Air, lokasi ini dulunya merupakan tempat istirahat dan berlibur bagi keluarga kerajaan untuk menikmati suasana udara segar di sekitar danau.

10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
Jal Mahal, bagian dari istana kerajaan yang berada di tengah danau

Jaigarh Fort

Letaknya yang menghadap Amber Fort membuat kompleks bangunan Jaigarh Fort sepintas menyerupai bagian dari kompleks benteng megah di luar kota Jaipur. Jaigarh Fort memang dibangun oleh Maharaja Sawai Jai Singh II pada abad ke-18 sebagai perisai untuk kota Jaipur dari serangan musuh. Jaigarh Fort memiliki lorong-lorong dan jalan rahasia sepanjang 3 km sebagai tempat menyimpan amunisi dan senjata yang diperlukan untuk perang, termasuk meriam terbesar di dunia, Jaivana Cannon. Konon benteng ini tidak pernah merasakan kekalahan sehingga disebut juga sebagai Fort of Victory.

Nahargarh Fort

Satu lagi benteng indah dan megah di Jaipur yaitu Nahargarh Fort. Benteng ini terletak di atas perbukitan Aravali dengan latar belakang pemandangan kota Jaipur. Dibangun oleh Maharaja Sawai Jai Singh II di abad ke-18, Nahargarh beserta Amer dan Jaigarh, merupakan kesatuan pertahanan yang kuat untuk Jaipur di masa lalu. Interior bagian dalam di benteng ini dihiasi mural dan desain bergaya Eropa dan Islam. Benteng ini bisa dikunjungi pada malam hari dengan pemandangan lampu-lampu di seluruh kota Jaipur.

10 Destinasi Unik dan Bersejarah di Jaipur | Breaktime
Nahargarh Fort, salah satu benteng megah di Jaipur

Birla Mandir

Terletak di kaki bukit Moti Dungari di Jaipur, Birla Mandir merupakan kompleks bangunan indah dan megah yang dibangun oleh Keluarga Birlas pada tahun 1988. Nama Birla pada candi ini didedikasikan untuk Dewi Laxmi dan Dewa Wisnu. Dinding candi terbuat dari marmer putih murni dengan pahatan gambar Laxmi dan Wisnu di puncaknya. Tidak seperti candi Hindu lainnya, dinding luar dari Mandir Birla juga dihiasi gambar tokoh terkenal seperti Socrates, Buddha dan Yesus Kristus. (za)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE