10 Destinasi Sekitar Manado untuk Dikunjungi | Breaktime
10 Destinasi Eksotis Sekitar Manado untuk Dikunjungi
18.06.2016

Manado dikenal sebagai salah satu destinasi wisata favorit wisatawan domestik maupun mancanegara di kawasan Indonesia bagian tengah.

Kawasan di sekitar ibu kota Sulawesi Utara ini menyimpan berbagai destinasi alam, budaya, dan kuliner yang selalu membuat traveler ingin kembali ke kota dengan slogan Si Tou Timou Tumou Tou ini, yang berarti manusia hidup untuk memanusiakan orang lain.

Tidak cukup rasanya mengunjungi Manado hanya dalam satu hari. B'timers perlu waktu dua sampai tiga hari untuk mengeksplor sebagian kawasan wisata yang ada di sekitar Manado. Berikut beberapa di antaranya.

1. Bunaken

Pulau yang terletak di utara Manado ini merupakan destinasi wisata paling terkenal di Manado. Bunaken memiliki keindahan taman bawah laut yang terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Dua spot selam yang cukup terkenal adalah Lekuan dan Fukui.

2. Tomohon

Wilayah pegunungan yang terletak sekitar satu perjalanan ke arah selatan Manado ini terkenal dengan Pasar Ekstrim yang menjual berbagai daging hewan yang tak wajar, di antaranya adalah daging babi, ular, anjing, kucing, tikus hutan, hingga kelelawar. Selain pasar ekstrim, Tomohon juga punya beberapa destinasi alam seperti Danau Linow dan Gunung Mahawu, serta destinasi religi berupa Pagoda Ekayana.

10 Destinasi Sekitar Manado untuk Dikunjungi | Breaktime
Pasar Tomohon yang terkenal dengan berbagai macam daging ekstrem

3. Tangkoko

Tangkoko merupakan kawasan taman nasional yang terkenal dengan hewan kecil yang dilindungi, yaitu Tarsius. Primata terkecil di dunia ini hanya berukuran kepalan tangan orang dewasa dengan mata yang bulat dan besar. Jarak Manado ke Tangkoko kurang lebih tiga jam perjalanan.

4. Lembeh

Bagi penggemar wisata selam, nama Lembeh tentu sudah tak asing lagi. Lembeh terkenal sebagai lokasi selam yang memiliki beragam biota laut berukuran kecil (mikro). Kawasan ini juga memiliki sejumlah resor yang berada di tepi pantai.

10 Destinasi Sekitar Manado untuk Dikunjungi | Breaktime
Pagoda Ekayana, salah satu destinasi religi di sekitar Tomohon

5. Tondano

Danau terluas di Sulawesi Utara ini merupakan salah satu destinasi alam yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Manado, Tomohon, Minahasa, dan sekitarnya. Selain wisata danau, B'timers juga bisa menikmati kelezatan ikan bakar khas Tondano dengan cara masak mirip dengan seafood ala Makassar.

6. Siladen

Pulau Siladen masih berada di kawasan Taman Nasional Bunaken. Pulau ini memiliki pantai berpasir putih dengan pepohonan di sekitarnya. Snorkeling dan diving adalah dua aktivitas utama di pulau yang relatif lebih sepi daripada Bunaken ini.

10 Destinasi Sekitar Manado untuk Dikunjungi | Breaktime
Danau Tondano, danau terluas di Sulawesi Utara dengan pemandangan alam dan kuliner ikan bakar yang menggoda selera

7. Wisata Religi Bukit Kasih

Bukit Kasih merupakan kawasan tempat ibadah yang merupakan simbol perdamaian, dimana terdapat lima tempat ibadah dari lima agama di Indonesia, yakni sebuah Masjid, dua buah gereja (Katolik dan Protestan), wihara, dan pura. Kelima tempat ibadah ini merupakan wujud dari semboyan masyarakat Minahasa yang berbunyi "Torang Samua Basaudara" yang artinya "Kita semua bersaudara".

8. Minahasa Utara

Kabupaten Minahasa Utara berjarak sekitar 30 kilometer dari Manado. Berada di kawasan pantai, wisatawan bisa mengunjungi sejumlah pantai dengan pasir putih di Pantai Pal dan Pantai Pulisan. Selain itu wisatawan bisa snorkeling dan island hopping di Pulau Lihaga dan Pulau Gangga.

10 Destinasi Sekitar Manado untuk Dikunjungi | Breaktime
Pulau Baling-baling, salah satu deretan pulau kecil yang cantik di Taman Laut Tumbak

9. Pulau Tumbak

Taman laut Pulau Tumbak terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Pulau Baling-baling dan Pulau Bohanga. Seperti halnya Bunaken, Taman Laut Pulau Tumbak terkenal dengan keindahan bawah lautnya dengan puluhan spot diving dan snorkeling.

10. Wisata Kuliner Manado

B'timers hanya singgah sehari di Manado? Jangan khawatir, ibu kota Sulawesi Utara ini punya berbagai kelezatan kuliner, terutama seafood. Penyuka masakan pedas wajib mencoba beberapa sambal khas Manado seperti rica-rica, woku, dabu-dabu, dan sambal roa. Termasuk pisang goroho, nasi kuning dan bubur Manado. Kuliner lezat khas Manado ini bisa dinikmati di sepanjang Boulevard atau Jalan Roda alias Jarod. (ZA)

Share This Article