Destinasi Bali Baru Paling Kece Di Bumi Pertiwi | Breaktime
10 Destinasi Bali Baru Paling Kece Di Bumi Pertiwi
25.04.2017

Bali sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia. Pulau Dewata juga beberapa kali terpilih sebagai pulau dan destinasi terbaik dunia.

Namun, kekayaan budaya dan keindahan alam Indonesia yang tak hanya Bali mendorong Kementrian Pariwisata untuk mempromosikan sejumlah destinasi yang bisa disebut sebagai "Bali baru".

Berikut sepuluh "Bali baru" yang dipromosikan sebagai destinasi unggulan dan bisa menjadi alternatif tujuan wisata B’timers tahun ini.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Destinasi ini sebenarnya pernah sangat populer di era tahun 80an. Seiring berjalannya waktu, popularitas Danau Toba mulai meredup dan tergeser oleh destinasi-destinasi baru lainnya di kawasan Sumatera maupun nasional. Kini pemerintah berusaha membangkitkan kembali Danau Toba melalui banyak event wisata dan infrastruktur. Jadi, tak ada salahnya kembali berkunjung dan bernostalgia di Danau Toba.

2. Tanjung Kelayang, Bangka Belitung

Provinsi ini sangat populer sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sebuah film nasional yang mampu mengangkat pamor Belitung sebagai destinasi wisata nasional. Selain Pulau Lengkuas yang sudah populer, tak ada salahnya B'timers juga berkunjung ke Tanjung Kelayang, destinasi lain di Bangka Belitung yang masuk daftar "10 Bali baru".

Destinasi Bali Baru Paling Kece Di Bumi Pertiwi | Breaktime
Bangka Belitung memiliki pantai-pantai cantik yang belum banyak dikunjungi wisatawan

3.Tanjung Lesung, Banten

Pantai berpasir putih yang satu ini terletak di ujung barat Pulau Jawa. Sesuai namanya, pantai ini berbentuk seperti lengkungan lesung (alat penumbuk padi) dengan pasir putih yang memanjang. Snorkeling adalah salah satu aktivitas utama di pantai ini dengan terumbu karang dan biota laut yang relatif masih alami.

4. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Sebagai destinasi bahari yang paling dekat dengan ibukota negara, Kepulauan Seribu memang menjadi destinasi alternatif untuk menikmati akhir pekan atau libur panjang. Pulau-pulau yang cukup populer sebagai tempat wisata di kawasan ini antara lain Pulau Tidung, Pulau Kelor, Pulau Cipir, dan Onrust.

5. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Komplek candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa mendatangkan jutaan wisatawan. Lokasi Borobudur pun sangat strategis, yakni di antara Jogja dan Solo. Pemerintah terus meningkatkan infrastruktur dan promosi agar Borobudur tak kalah pamor dengan candi-candi terkenal lainnya di Asia Tenggara, seperti Wat Arun di Thailand atau Angkor Wat di Kamboja.

Destinasi Bali Baru Paling Kece Di Bumi Pertiwi | Breaktime
Wisatawan menjelajah Gunung Batok di kawasan Bromo dengan naik kuda

6.Bromo, Tengger, Semeru - JawaTimur

Tergabung dalam bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), kawasan wisata ini sangat terkenal dengan keindahan panorama gunung berapi, terutama pada saat sunrise di Bromo. Kini TNBTS tak hanya menawarkan wisata alam, tetapi juga hiburan dan seni dimana tiap tahun digelar event internasional Jazz Gunung.

7. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Mandalika berlokasi di kawasan Lombok Tengah, tak jauh dari Pantai Kuta Lombok. Kawasan ini terkenal sebagai lokasi tradisi "Bau Nyale" yang merupakan perwujudan cerita legenda Suku Sasak, Putri Mandalika. Terlepas dari tradisi Bau Nyale, kawasan Mandalika terkenal dengan pantai berpasir putih dengan ombak yang menjadi incaran penggemar surfing.

Destinasi Bali Baru Paling Kece Di Bumi Pertiwi | Breaktime
Gili Padar di area Taman Nasional Komodo bisa dijangkau dengan perahu motor dari Labuan Bajo

8. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Destinasi yang satu ini sedang naik daun seiring terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo. Pulau Rinca, Pulau Komodo, Gili Padar, Gili Laba, dan Pulau Kanawa merupakan beberapa destinasi yang sering dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo.

9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Ingin menikmati keindahan bawah laut sekaligus merasakan kehidupan sehari-hari Suku Bajo? Wakatobi adalah destinasi yang tepat karena memiliki kekayaan hayati laut berupa terumbu karang, ikan, serta biota laut lainnya sebagai destinasi wisata unggulan Provinsi Sulawesi Tenggara.

10. Morotai, Maluku Utara

Terletak di "bibir" Samudera Pasifik, Morotai memiliki keindahan pantai dan wisata sejarah berupa sisa-sisa peninggalan Perang Dunia 2. Pulau paling utara di Kepulauan Halmahera ini juga terkenal sebagai destinasi dengan beberapa spot shipwrecks sisa-sisa Perang Dunia 2.

Nah, dengan mengunjungi 10 destinasi Bali Baru tersebut, Anda semakin tahu bahwa Indonesia adalah negara paling indah dan lengkap dengan berbagais jenis pilihan wisata yang ditawarkan. 



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE