Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran | Breaktime
10 Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran
13.04.2016

Festival Songkran merupakan festival perang air terbesar di Asia dan sudah menjadi agenda tahunan pariwisata Thailand. Ribuan turis asing masuk ke Thailand untuk merasakan langsung pesta Songkran bersama warga lokal.

Selama dua tahun berturut-turut, saya beruntung bisa berkesempatan ikut perayaan Festival Songkran di Thailand, tepatnya di Phuket. Kawasan ini begitu spesial saat Songkran karena dekat pantai dan memang menjadi destinasi paling banyak dikunjungi wisatawan di kawasan Selatan.

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih Phuket sebagai lokasi terbaik untuk mengikuti Festival Songkran dibandingkan tempat-tempat lain seperti Bangkok, Pattaya, Ayutthaya, atau Chiang Mai.

Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran | Breaktime
Suasana perayaan Songkran di kawasan Bangla Phuket

Pertama, Phuket memang sudah didesain sebagai tujuan wisata. Situasi di Phuket hampir sama dengan Legian di Bali atau Gili Trawangan di Lombok. Semua keperluan wisatawan bisa didapatkan di sini, mulai dari paket tour, penginapan kelas backpacker sampai resort mewah, hingga bar dan cafe yang identik dengan kehidupan malam khas Thailand.

Kedua, setiap tahun sudah ada agenda rutin Festival Songkran di Phuket, yaitu di kawasan Patong Beach dan Bangla Road pada hari pertama dan kedua Songkran.

Ketiga, banyak pantai. Wilayah Phuket dikelilingi pantai-pantai yang relatif bersih dan aman digunakan untuk berenang. Beberapa pantai di antaranya adalah Kata Beach, Karon Beach, dan Patong Beach. Saya sering menghabiskan hari pertama dan kedua Songkran di Patong Beach yang dekat dengan kawasan Jungceylon dan Bangla Road.

Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran | Breaktime
Panggung hiburan gratis selama Festival Songkran di Patong Beach Phuket

Keempat, pada saat Songkran, kamu bebas menyemprotkan air atau mengoleskan bedak kepada siapa pun di tempat umum, tak terkecuali polisi Thailand.

Kelima, untuk urusan nightlife, Phuket tak jauh beda dengan Pattaya. Semua jenis hiburan ada di sekitar Patong dan Bangla.

Keenam, dekat menuju Phi-phi Island dan pulau-pulau lain di sekitarnya. Setelah puas basah-basahan di Festival Songkran, kamu bisa melakukan hopping island di Phi-phi Island atau Phang Nga, lokasi yang sudah terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya.

Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran | Breaktime
Suasana malam di Bangla Road sehari setelah Festival Songkran berakhir

Ketujuh, wisata budaya. Phuket tak hanya berisi pantai dan kehidupan malam karena di destinasi ini kamu bisa berkunjung ke beberapa pagoda bersejarah dan megah, seperti Wat Chalong dan Big Buddha Phuket. Selain itu juga bisa berkunjung ke Soi Romanee, kawasan di Phuket Old Town dengan ornamen masa lalu yang masih terawat hingga saat ini.

Kedelapan, surga kuliner, khususnya seafood. Karena dekat laut, sudah tak diragukan lagi kalau seafood di Phuket terkenal segar dan relatif terjangkau di kantong. Saat malam, vendor-vendor street food bertebaran di sepanjang Patong dan Bangla.

 

Alasan Phuket Jadi Destinasi Festival Songkran | Breaktime
Pantai di Maya Bay pilihan tepat untuk island hopping tak jauh dari Phuket

Kesembilan, akses transportasi sangat mudah. Phuket bisa ditempuh lewat jalur udara, yakni di Bandara International Phuket dan sudah tersedia shuttle bus yang akan membawa kita dari airport ke Phuket Town dengan waktu tempuh sekitar 30 hingga 45 menit. Dari terminal ini, wisatawan tinggal naik bis tradisional (sungtew) dengan tarif 50 Baht (sekitar 20 ribu) untuk menuju kawasan Patong.

Kesepuluh, biaya hidup terjangkau. Meskipun telah menjadi destinasi wisata internasional, masih banyak ditemui vendor kuliner dengan harga kaki lima. Praktis, dengan budget terbatas pun B'timers bisa merencanakan liburan beberapa hari di Phuket, tentunya sambil menikmati suasana Songkran setiap bulan April. (ZA)

Share This Article