Yoga vs Pilates, Manakah Yang Lebih Baik Dijadikan Olahraga Harian? | Breaktime
Yoga vs Pilates, Manakah Yang Lebih Baik Dijadikan Olahraga Harian?
02.05.2015

B’timers, beberapa tahun terakhir yoga dan pilates menjadi salah satu jenis olahraga yang paling digemari lantaran manfaat serta efisiensinya. Kalau dulu Anda harus pergi ke gym untuk berolahraga, sekarang bisa melakukannya sendiri di rumah dengan melakukan yoga ataupun pilates. Tapi dari kedua olahraga ini, mana yang kira-kira lebih baik, ya?

Yoga merupakan olahraga yang sudah ada lebih dari 5000 tahun. Aktivitas fisik ini menekankan pada pembentukkan tubuh dan ketenangan pikiran melalui olah pernapasan serta meditasi. Banyak sekali jenis dan macam yoga yang bisa dijadikan pilihan contohnya saja, Hatha, Raja, Jnana, Bhakti, Karma, dan juga Tantra. 

Sedangkan pilatelis sendiri bisa dibilang memiliki umur yang lebih muda dibandingkan dengan Yyoga. Tekhnik olahraga satu ini diperkenalkan pada tahun 1900-an oleh Joseph Pilates yang bertujuan untuk merehabilitasi tentara pada Perang Dunia I. Pilates dibagi menjadi dua kategori, pilates mat exercise dan juga pilates reformer. 

Inilah salah satu contoh pilates reformer dengan menggunakan stability ball
Inilah salah satu contoh pilates reformer dengan menggunakan stability ball

Kalau dari segi manfaat, keduanya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam hal merehabilitasi berbagai jenis penyakit dan juga syndrome, termasuk juga untuk pengobatan narkoba, kecemasan, serta stroke. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lynton, H., Kligler, B., Shiflett, S. Continuum Center for Health and Healing, New York pada tahun 2007, melakukan yoga secara rutin terbukti dapat menyembuhkan stroke.

Tak kalah dengan yoga, pilates juga memiliki kemampuan yang luar biasa dan telah terbukti. Hal ini berdasarkan pada penelitian yang dilakukan Altan, L., Korkmaz, dkk di Department of Physical Medicine and Rehabilitation, University of Uludag, Bursa, Turkey. Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, 2009, juga menyebutkan bahwa pilatelis dapat menyembuhkan Fibromyalgia, sebuah penyakit yang banyak menyerang wanita yang ditandai dengan pegal-pegal otot, nyeri, dan juga rasa kaku pada tubuh. 

Meskipun keduanya sama-sama memiliki kehebatan dalam hal menyembuhkan berbagai penyakit, namun yoga bisa dibilang lebih pas dilakukan oleh B’timers yang super sibuk dan tak bisa menjaga pola makan. Ya, yoga jenis Hatha bisa membuat jantung lebih sehat dengan menurunkan kadar kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh. Sedangkan pilates, tidak memiliki pengaruh terhadap kesehatan jantung. 

Nah, yoga cocok sekali kan dijadikan olahraga harian untuk Anda yang ingin tetap fit di tengah kesibukan? Kalau malas melakukan yoga sendirian di rumah, gabung saja dengan event “Ayo Sehat Indonesiaku!” pada tanggal 17 Mei 2015 nanti. Pendaftarannya bisa dilakukan di https://axa.co.id/ingatsehat/ayosehatindonesiaku. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Share This Article