Tahun Berapa Imunisasi Cacar Pertama Kali Dilakukan di Indonesia? | Breaktime
Tahun Berapa Imunisasi Cacar Pertama Kali Dilakukan di Indonesia?
04.05.2015

Siapa yang tidak ingin hidup sehat? Bahkan sejak seorang bayi dilahirkan, upaya pertama yang dilakukan adalah menjaga agar ia tetap sehat dan mampu beradaptasi dengan dunia yang benar-benar baru. Tentu sejak kecil B’timers juga sudah menerima berbagai treatment untuk mencegah penyakit yang mungkin datang menyerang, seperti misalnya imunisasi alias pemberian vaksin.

Ada berbagai macam imunisasi yang biasa diberikan kepada anak-anak. Pemberian imunisasi ini bertujuan mencegah atau menangkal sejumlah penyakit seperti cacar, polio, hepatitis, serta TBC yang bisa menular dan cukup berbahaya. Thanks to immunization, berkatnya salah satu penyakit menular yang cukup serius dan menimpa hampir semua orang, yakni cacar bisa diatasi.

Pada masa penjajahan sejak tahun 1804 hingga kini, Indonesia juga masih berkutat memerangi penyakit cacar. Meski telah dibasmi dan sempat benar-benar “menghilang” dari tanah air, namun dalam keadaan tertentu virus cacar kini masih bisa menyerang siapa saja jika kondisi tubuhnya tidak fit. Untungnya, ada imunisasi yang berfungsi efektif mencegah penularan cacar. Nah, tahukah B’timers kapan imunisasi cacar pertama kali dilakukan di Indonesia?

Pemberian imunisasi cacar membantu mencegah penularan virus cacar yang berbahaya
Pemberian imunisasi cacar membantu mencegah penularan virus cacar yang berbahaya

Yap, benar sekali. Pada tahun 1956 dunia medis Indonesia mencatatkan sejarah dengan memberikan imunisasi cacar untuk pertama kalinya. Semenjak itu, selang beberapa tahun setelahnya, mulai diberikan imunisasi untuk penyakit lainnya, mulai imunisasi BCG untuk TBC atau tuberkolosis, imunisasi DPT (difteri, pertusis, tetanus) untuk bayi,  imunisasi polio, imunisasi campak, hingga terakhir imunisasi hepatitis yang dimulai sejak 1997.

Pemberian imunisasi cacar pada tahun 1956 rupanya merupakan langkah awal yang sangat baik untuk menumpas penyebaran penyakit cacar yang pada masa itu menjadi masalah serius. Jika imunisasi cacar dilakukan pada tahun 1956, maka 1974 adalah tahun di mana cacar akhirnya berhasil dihilangkan. Sekali lagi Indonesia mengukir sejarah pada tahun tersebut dengan kesuksesan menghapuskan cacar.

Cacar memang bukanlah penyakit yang sewaktu-waktu bisa datang, bahkan rata-rata seumur hidupnya seorang manusia hanya terkena cacar maksimal dua kali.Yang perlu diperhatikan adalah penyembuhannya yang harus dilakukan dengan intensif agar cacar tak berujung fatal. Untunglah ada imunisasi sejak dini yang bisa mencegah sakit cacar ini ya, B’timers.

Share This Article