Siapakah pembalap Indonesia yg pertama kali menjajal mobil Formula 1? | BREAKTIME
Siapakah pembalap Indonesia yg pertama kali menjajal mobil Formula 1?
24.03.2015

Pembalap Formula Indonesia

Rio Haryanto dan Moreno Soeprapto merupakan pembalap Indonesia yang memiliki segudang prestasi baik di tanah air maupun di mancanegara. Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang membanding-bandingkan mereka berdua. Seperti halnya pertanyaan satu ini, siapakah pembalap Indonesia yg pertama kali menjajal mobil formula satu? Rio Haryanto ataukah Moreno Soeprapto? 

Rio Haryanto, pembalap kelahiran 22 Januari 1993 ini memulai karirnya pada tahun 2008 dalam three Asian-based series, yaitu the Asian Formula Renault Challenge, Formula Asia 2.0, dan Formula BMW Pacific. Dalam Formula Asia 2.0, Rio menjadi yang tercepat dan berhasil naik podium di belakang pembalap Eropa Felix Rosenqvist dan Matthias Beche. Setelah pertandingan tersebut, Rio kemudian mengikuti berbagai seri balap termasuk Australian Drivers Championship. 

(Baca juga: Makan Buah Mangga Bikin Jerawatan?)

Sedangkan Moreno Soeprapto merupakan pembalap Indonesia yang lebih senior daripada Rio Haryanto. Pria berusia 32 tahun ini merupakan putra dari mantan pembalap Nasional Tinton Soeprapto dan juga adik kandung dari Ananda Mikola. Moreno mulai menjadi sorotan sejak berhasil menjuarai Lippo City Kart Race di tahun 1994. 

Nah, meski lebih senior, namun ternyata Moreno bukanlah pembalap Indonesia yang pertama kali menjajal mobil Formula 1. Rio mendapatkan kesempatan emas ini saat ia baru berusia 17 tahun, setelah menjadi pembalap tercepat di GP3 Series Manor Racing entered car. 

Share This Article