Siapakah Komposer dari Musik Orkestra “Flight of The Bumblebee”? | BREAKTIME
Siapakah Komposer dari Musik Orkestra “Flight of The Bumblebee”?
18.03.2015

Apakah B’timers masih mengingat orchestral interlude yang menjadi ciri khas opera klasik anak-anak “The Tale of Tsar Saltan”? Yap, adalah “Flight of the Bumblebee” sebuah musik orkestra legendaris yang sejenak akan membawa Anda untuk kembali bernostalgia mengingat kisah seorang pangeran bernama Gvidon Saltanovich (putra Tsar) yang berubah menjadi seekor serangga agar bisa terbang mengunjungi sang ayah.

Tapi, tahukah Anda siapa siapa pencipta “Flight of the Bumblebee” yang mengalirkan nada-nada membengung harmonis khas lebah tersebut? Well, ternyata sosok maestro tersebut tak lain dan tak bukan adalah Nikolai Andreyevich Rimski Korsakov.

Siapakah Komposer dari Musik Orkestra “Flight of The Bumblebee”?

Pria yang lahir pada tanggal 18 Maret 1844 ini merupakan seorang composer Rusia ternama yang banyak melahirkan mahakarya orkestra dunia. Ya, selain “Flight of The Bumblebee”, Rimsky Korsakov juga sukses menggebrak dunia orkestra dengan lahirnya komposisi “Capriccio Espagnol” serta “Scheherazade”.

Sebelum meninggal di tanggal 21 Juni 1908, Rimsky Korsakov juga sempat bergabung dalam grup composer bernama “The Five”. Dalam hal orkestra, bisa dibilang bahwa sosok Korsakov sangat berjasa dalam mengembangkan nationalistic style of classical music. Lalu dari manakah bakat orkestra menakjubkan tersebut bersemayam dalam dirinya?

Selama masa kanak-kanaknya, Rimsky Korsakov sering mendengar Russian folk songs dan musik-musik opera. Tak hanya itu, ia pun juga telah memiliki bakat bermain piano mengagumkan yang diturunkan oleh ibunya. Sementara itu, kecerdasannya dalam membuat komposisi musik orkestra bisa dibilang terwariskan dari sang ayah yang bisa menggerakkan tuts-tuts piano dengan indah sesuai dengan lagu baru yang hanya didengarnya sekali.

Share This Article