Siapakah Desainer Pertama dari Sepatu Ikonik Docmart? | BREAKTIME
Siapakah Desainer Pertama dari Sepatu Ikonik Docmart?
25.03.2015

B’timers penyuka gaya retro pastinya sangat familiar dengan alas kaki model boots yang terbuat dari bahan kulit, bukan? Yap, sepatu inilah yang kemudian dikenal dengan nama Docmart dan menjelma sebagai salah satu iconic shoes in the world! Namun, siapakah penemu sekaligus desainer pertama dari sepatu Docmart?

Sepatu ini pada awalnya dibuat oleh seorang dokter German, Klaus Märtens di zaman Perang Dunia II. Di tahun 1945, ia mengalami cedera pada bagian pergelangan kaki dan kondisi ini semakin membuatnya tak nyaman ketika harus menggunakan sepatu tentara masa itu. Keadaan inilah yang kemudian mendorong Dr. Märtens untuk mengembangkan sepatu boots dengan bahan soft leather dan air-padded soles yang terbuat dari ban karet.

Segera setelah Perang Dunia berakhir, Dr. Märtens kembali melakukan pengembangan pada sepatu Docmart dengan menggunakan kulit dari tukang sepatu dan ia pun membuat sepasang boots yang dilengkapi dengan air-cushioned soles. Namun, dalam perkembangannya sepatu Dr. Märtens ini tidak terlalu mencapai angka penjualan yang mengagumkan, hingga akhirnya ia bertemu dengan teman lamanya semasa kuliah. Dr. Herbert Funck.

Bersama dengan Dr. Funck inilah, sepatu Dr. Märtens berkembang dengan desain yang lebih cozy dan stylish. Keduanya mulai menjalankan bisnis sepatu Docmart ini dengan membangun lokasi usaha di Seeshaupt, German. Penjualan sepatu ini terus menanjak ketika memasuki tahun 1952 dan menjadikan keduanya memutuskan untuk membuat pabrik di Munich.

Memasuki tahun 1959, kesuksesan sepatu Docmart semakin bergema hingga ke tingkat internasional. Bahkan, footwear ini juga banyak dipilih sebagai choice for rebellious youth culture, lho! That’s why it has never lost its cool aura and divisive style!

Maka tak heran bila di tahun 60-an, sepatu Docmart sempat menjadi salah satu fashion item wajib kalangan Mods Inggris. Tak hanya kalangan Mods, kelompok Hippies, Punks, Skinheads, Grunge, hingga masyarakat pengadopsi retro fashion juga sangat mencintai sepatu Docmart. So, what’s your favorite footwear? Are there any Docmart shoes as your favorite fashion items?

Share This Article