Quitting Smoking Cigarettes Makes You Fat, Mitos Ataukah Fakta? | BREAKTIME
Quitting Smoking Cigarettes Makes You Fat, Mitos Ataukah Fakta?
10.04.2015
"Smoking kills. If you're killed, you've lost a very important part of your life"

-Brooke Shields-

Berhenti merokok akan membuat tubuh jadi lebih gemuk, percayakah B’timers? Pernyataan ini menjadi perdebatan sejak lama, bahkan berbagai penelitian di dunia kesehatan telah dilakukan untuk membuktikan pengaruh berhenti merokok terhadap bertambahnya berat tubuh seseorang.

Di tahun 2013 lalu, ada sebuah penelitian yang mengungkapkan fakta bahwa berhenti merokok akan membuat tubuh lebih gemuk. Hal ini disebabkan karena ada zat-zat khusus di dalam rokok yang mengikat reseptor dalam syaraf yang mengatur kapan manusia merasa lapar. Maka ketika berhenti merokok, Anda akan merasa lebih mudah lapar sehingga memicu lonjakan nafsu makan yang bermuara pada pertambahan berat badan.

Namun, penelitian terbaru justru mengungkapkan hal yang berbeda, yaitu menegaskan bahwa berhenti merokok tidak akan mengubah bobot tubuh dan bentuk badan seseorang. Hal tersebut dibuktikan oleh Theodore Friedman melalui jurnal ilmiah yang dipaparkan dalam Endocrine Society Meeting, 5-8 Maret 2015 di Colorado, San Diego, Amerika Serikat. Dalam penelitiannya tersebut, Friedman membuktikan bahwa dengan berhenti merokok, otot-otot tubuh justru akan semakin mudah terbentuk.

 “Ketika merokok, akan terjadi peningkatan lemak jenis visceral yang beracun dan mengelilingi usus manusia. Efek dari lemak ini adalah membuat lingkar perut, pinggul dan paha bertambah. Ketika berhenti merokok, maka lemak-lemak ini akan menyusut,” jelas Friedman.

Quitting Smoking Cigarettes Makes You Fat, Mitos Ataukah Fakta? | BREAKTIME
Penelitian membuktikan bahwa berhenti merokok tidak menyebabkan kenaikan berat badan

Bahkan dalam penelitiannya juga terbukti bahwa para partisipan yang awalnya menjadi perokok berat dan berhasil mengurangi rokok sampai 1,4 batang perhari, ternyata tidak mengalami pertambahan berat badan.

Lantas kenapa ada orang-orang yang berhenti merokok justru berat badannya bertambah? Hal ini rupanya dipicu kebiasaan yang keliru. Untuk menekan keinginan merokok, banyak orang yang malah beralih pada makanan tidak sehat. Parahnya lagi, hal ini tidah dibarengi dengan aktivitas olahraga sehingga lemak pun makin menumpuk dan membuat berat badan bertambah.

Nah B’timers, kalau Anda punya niat untuk berhenti merokok, tak perlu berpikir dua kali! Cintai tubuh Anda dan mulailah kebiasaan baik yang lebih bermanfaat untuk tubuh.

Share This Article