Penyakit Apakah yang Paling Sering Dialami Orang Indonesia? | Breaktime
Penyakit Apakah yang Paling Sering Dialami Orang Indonesia?
28.04.2015

Setiap momen pergantian tahun, selalu ada saja penyakit-penyakit tertentu yang menjadi trending topic pembicaraan. Bila di tahun 1990-an penyakit menular akibat virus seperti tuberculosis (TB) sangat populer dibicarakan, di tahun 2015 ini justru penyakit tidak menular lah yang tercatat paling banyak menyerang pasien Indonesia.

Saat ditemui dalam konferensi pers awal tahun seputar program kerja Kemenkes di Gedung Kemenkes RI, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta pada tanggal 2 Februari 2015 silam, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM(K) menuturkan bahwa setidaknya ada 4 penyakit yang paling banyak terjadi di tahun ini seperti stroke, penyakit jantung iskemik, kanker, dan diabetes.

Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar Kemenkes RI tahun 2007, jumlah penderita stroke 8,3 per 1000 penduduk. Kemudian, di tahun 2013 penyakit ini melonjak menjadi 12,1 per 1000 penduduk seperti yang dikutip berita pers peresmian RS Pusat Otak Nasional. Sementara itu, di tahun 2013 kasus penyakit TBC hanya berada di angka 2,97 per 1000 penduduk, jauh lebih sedikit dengan kasus stroke.

Kemunculan penyakit-penyakit tidak menular ini sebagian besar dipicu karena perubahan gaya hidup yang kurang baik. Maka tak heran bila jumlah pasien yang menderita hipertensi, jantung, dan kanker meningkat setiap tahunnya.

Penyakit Apakah yang Paling Sering Dialami Orang Indonesia?

Bila dibandingkan dengan persentase di tahun 1990-an, jumlah pasien yang mengidap penyakit menular memiliki peningkatan sebanyak 56%, sementara penyakit tidak menular sebanyak 37%. Namun, berdasarkan data di tahun 2010,  penyakit menular justru mengalami penurunan  menjadi 33%, penyakit tidak menular memimpin di angka 58%, dan 7% sisanya merupakan pasien yang menderita penyakit akibat kecelakaan lalu lintas.

Well, it seems tough and quite complicated, right? Itulah mengapa selain menjauhi tempat-tempat yang tidak steril, perhatian B’timers pada gaya hidup sehat memegang peranan penting dalam kebugaran tubuh. Mulai sekarang, biasakan untuk mengatur asupan makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi yang diperhatikan dengan cermat.

Selain itu, jangan ragu untuk bergabung dengan sejumlah komunitas olahraga agar kegiatan positif satu ini juga menjadi bagian gaya hidup sehat yang tak terpisahkan. Tak ada waktu untuk menunda You have to remember that penyakit mengerikan tak hanya disebabkan oleh virus menular, tapi juga kelengahan untuk membiasakan gaya hidup sehat sejak awal.

Share This Article