Penelitian Buktikan Buah Ini Bisa Cegah Down Syndrome, yang Manakah? | BREAKTIME
Penelitian Buktikan Buah Ini Bisa Cegah Down Syndrome, yang Manakah?
15.04.2015

Punya anak yang memiliki penyakit cacat mental seperti down syndrome dapat menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Masalah inilah yang coba ditangkap oleh sejumlah tim peneliti di Tufts Boston University dengan melakukan terbosan baru di bidang medis.

Para peneliti mencoba untuk mengamati dampak pemberian antioksidan dalam jumlah tinggi pada perkembangan otak janin. Maka di tanggal 14 April kemarin , Professor Diana Bianchi menampilkan penelitian terbaru ini dalam ajang RCOG World Congresss di Brisbane.

Menurut Profesor Bianchi, kemungkinan down syndrome mulai bisa dideteksi ketika janin berusia 12 minggu. Hal ini berarti bahwa tim medis memiliki kesempatan untuk menangani kasus ini dalam waktu 28 minggu sebelum masa kelahiran.

Tim Profesor Bianchi ini berencana untuk mengembangkan pil yang mengandung ekstrak jeruk dan sayuran hijau yang nantinya dipercaya dapat melakukan perbaikan gen pada janin yang mengalami down syndrome. Meski kandungan dari pil ini terdengar sangat sederhana, tapi manfaat dari pil ini sama sekali tak bisa diremehkan. 

Penelitian Buktikan Buah Ini Bisa Cegah Down Syndrome, yang Manakah? | BREAKTIME
Ekstrak jeruk mampu melakukan perbaikan gen pada janin dengan down syndrome

Ketika dilakukan uji coba pada tikus yang sedang hamil, ditemukan fakta bahwa pil ini memang dapat meningkatkan perkembangan otak janin, menguatkan otot, serta merangsang organ tubuh sehingga dapat melakukan koordinasi yang lebih baik.

Namun, masih belum pasti kapankan pil ini siap memberikan dampak positif yang sama bila digunakan pada manusia. Pihak peneliti mengutarakan bahwa setidaknya mereka butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mengembangkan pil inovatif ini hingga suatu hari dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Kendati memiliki efek ajaib yang akan memukau dunia, Professor Bianchi menuturkan “So it’s not like they are some magic potion. But it’s much more concentrated than you would find if you ate a lot of broccoli.”

Share This Article