Negara Manakah yang Merayakan April Mop dengan Menggantung Ikan? | BREAKTIME
Negara Manakah yang Merayakan April Mop dengan Menggantung Ikan?
01.04.2015

Istilah April Mop tentu bukanlah hal yang baru lagi bagi Anda, bukan? April Mop atau juga dikenal dengan April Fool’s Day jatuh pada tanggal 1 April dan dirayakan dengan mengerjai atau membohingi orang lain untuk tujuan bersenang-senang.

Uniknya, Hari Kebohongan ini justru masih menyimpan teka-teki terkait awal pelaksanaannya. Ada yang menyebutkan kebiasaan ini sudah muncul sejak zaman mitologi kuno, ada juga yang bilang April Mop baru dirayakan sesudah masuk era Masehi. Berbagai penjelasan dan bukti-bukti juga bermunculan mengenai ‘kelahiran’ hari satu ini.

Nah, di Prancis, ada tradisi unik merayakan April Mop dengan menggantungkan ikan di punggung seseorang yang disebuat dengan “Poisson d’Avril’. Musim semi di Prancis yang dimulai dari bulan April membuat sungai-sungai di negara tersebut dipenuhi dengan ikan yang melimpah. Bahkan, warga Prancis bisa mengambil ikan hanya dengan memasukkan keranjang ke dalam sungai, tanpa perlu memancingnya. Dikarenakan mudahnya ikan ‘dibodohi’ dan ditangkap pada tanggal tersebut, banyak orang yang akhirnya bosan dan membuat ikan-ikan hasil tangkapan mereka sebagai bahan gurauan.

Ya, gurauan yang dimaksud adalah dengan menggantungkan ikan ke punggung seseorang dan membiarkannya hingga orang tersebut tersadar. Hal in tentu menimbulkan gelak tawa bagi siapa saja yang melihatnya. Ketika sang korban menyadari bahwa dia sudah menjadi bahan lawakan, maka orang-orang yang ada di dekatnya langsung berteriak, “Poisson d’Avril.”

Di era ini, tradisi menggantungkan ikan di punggung seseorang masih kerap dilakukan, khususnya oleh anak-anak. Akan tetapi, sekarang yang digunakan hanyalah gambar ikan yang ditempelkan dengan selotip.

Seru dan unik ya, perayaan April Mop di Prancis! Nah B’timers, kira-kira hari ini siapa yang akan jadi korban kejahilan Anda?

Share This Article